Efektivitas Instagram “Earth Hour Bogor” sebagai Media Kampanye Lingkungan.
Abstract
Media sosial merupakan media baru yang memiliki karakteristik komunikasi yang
lebih interaktif dibandingkan media konvensional. Earth Hour Bogor adalah gerakan
sosial yang memanfaatkan media sosial instagram sebagai media kampanye mereka.
Tujuan penelitian adalah analisis efektivitas instagram @ehbogor sebagai media
kampanye dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif menggunakan kuesioner dengan didukung data-data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan media sosial Instagram @ehbogor efektif dalam
menstimulasi perhatian followers, menimbulkan ketertarikan untuk mengetahui lebih
lanjut, keinginan untuk berpartisipasi, serta mengikuti kegiatan kampanye yang
diselenggarakan dan mengajak orang lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi hal
tersebut adalah lokasi tempat tinggal dan frekuensi informasi kampanye yang
disampaikan pada tahap perhatian (attention). Pada tahap ketertarikan (interest) yaitu
jenis pekerjaan, frekuensi responden dalam mengakses instagram dan kejelasan
informasi kampanye. Pada tahap keinginan (desire) tidak ditemukan variabel yang
mempengaruhi, sedangkan pada tahap tindakan (action) yaitu lokasi tempat tinggal
dan motivasi responden dalam mengakses Instagram.