dc.description.abstract | Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan pada sektor agbribisnisdan
menjadi komoditas unggulan dalam hal ekspor. Saat ini banyak berdiri kafe yang
menyediakan menu utamanya adalah kopi, salah satunya adalah Phoenam
Kopitiam. Perkembangan kafe yang semakin meningkat dari tahun ketahunnya
mengaharuskan pihak manajemen kedai kopi Phoenam Kopitiam perlu
menyiapkan alternatif strategi pemasaran agar dapat bertahan pada posisinya.
Tujuan penelitian ini, yakni menganalisis dan merumuskan alternatif strategi
pemasaran terbaik dengan memperhatikan lingkungan internal dan eksternal
perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE,
matriks EFE, matriks SWOT, dan matriks QSP. Hasil analisis menunjukkan
bahwa kedai kopi Phoenam Kopitiam berada pada posisi kuadran empat yaitu
tahapan tumbuh dan bina. Berdasarkanidentifikasi dari analisis matriks SWOT
dihasilkan lima alternatif strategi pemasaran dan prioritas utama yang dihasilkan
berdasarkan perhitungan matriks QSP adalah dengan cara melakukan penetrasi
pasar yang dapat diterapkan oleh pihak kedai kopi Phoenam Kopitiam. | id |