Analisis Proses Keputusan Pembelian Daging Ayam Ras Dan Implikasi Terhadap Bauran Pemasaran (Studi Kasus Pasar Baru Bogor Dan Giant Botani Square).
Abstract
Produksi terbesar daging ternak di Kota Bogor tahun 2014 berasal dari komoditi ayam ras. Hal ini mengindikasikan adanya konsumsi yang tinggi pula sehingga pemasar menjual daging ayam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pasar Baru Bogor dan Giant Botani Square menyediakan daging ayam ras dengan tingkat harga bersaing dan karakternya masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian, tingkat kepuasan dan implikasi terhadap bauran pemasaran dari konsumen daging ayam di kedua pasar tersebut. Data dikumpulkan dari 100 responden yang dipilih dengan metode convenience. Respon konsumen mencakup harapan dan kinerja daging ayam diukur dengan skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif, Chi-square, Mann-Whitney, Importantce Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan karakteristik konsumen dan proses pengambilan keputusan di kedua pasar. Hasil CSI untuk konsumen di Giant Botani Square yaitu 81.72 dan untuk yaitu Pasar Bogor yaitu 74.42 persen. Kesimpulannya adalah Pasar Baru Bogor dan Giant Botani Square telah dapat memuaskan konsumen daging ayam.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]