Strategi Pemasaran Ikan Sidat (Anguilla) Pada Pt Laju Banyu Semesta, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Abstract
PT Laju Banyu Semesta adalah salah satu perusahaan yang bergerak di agribisnis ikan sidat di Kabupaten Bogor. Tingginya permintaan dan standarisasi dari luar negeri terhadap produk ikan sidat dan kurangnya pengenalan ikan sidat dipasar lokal, membuat PT Laju Banyu Semesta untuk memformulasikan dan memilih kebijakan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal, memformulasikan alternatif strategi, dan menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan oleh PT Laju Banyu Semesta. Penelitian ini menggunakan matriks IFE dan EFE untuk menganalisis lingkungan internal dan ekstenal. Formulasi alternatif strategi pemasaran dibuat menggunakan matriks IE dan SWOT. Penentuan prioritas strategi pemasaran dibuat menggunakan matriks QSPM. Berdasarkan skor matriks IE, PT Laju Banyu Semesta berada di sel kelima yang berarti PT Laju Banyu Semesta berada dalam kondisi internal dan eksternal yang sedang dengan strategi yang dapat digunakan yaitu menjaga dan mempertahankan. Prioritas strategi pemasaran PT Laju Banyu Semesta adalah membuat sertifikasi produk olahan ikan sidat dengan STAS sebesar 7,886 .
Collections
- UT - Agribusiness [4770]
