Analisis Pemasaran Ubi Kayu Desa Sidoharjo, Pulung, Ponorogo, Jawa Timur.
View/ Open
Date
2016Author
Palupi, Arifah Dwi
Asmarantaka, Ratna Winandi
Metadata
Show full item recordAbstract
Desa Sidoharjo merupakan sentra produksi ubi kayu di Kabupaten
Ponorogo, Jawa Timur. Desa tersebut dekat dengan pabrik tapioka dan pusat kota.
Produksi terus meningkat namun marjin pemasaran yang terbentuk bervariasi.
Marjin pemasaran erat kaitannya dengan pemasaran. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis efisiensi sistem pemasaran ubi kayu di Sidoharjo, Ponorogo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua varietas ubi kayu yang
ditanam di Sidoharjo yaitu ubi kayu kaspro dan UJ5. Kedua varietas ini
mendapatkan respon harga yang berbeda dari konsumen. Pemasaran ubi kayu
kaspro terdiri dari 6 saluran dan ubi kayu UJ5 terdiri dari 2 saluran. Tujuan
pemasaran ubi kayu dikelompokkan menjadi dua, yaitu konsumen rumah tangga
dan konsumen pengolah. Lembaga pemasaran yang terlibat pada ubi kayu kaspro
adalah pedagang pengumpul dan retail sedangkan lembaga pemasaran ubi kayu
UJ5 yaitu agen pabrik. Ubi kayu kaspro untuk konsumen rumah tangga relatif
lebih efisien mengikuti saluran pemasaran A2 sedangkan untuk konsumen
pengolah, saluran A1 lebih efisien. Ubi kayu UJ5 relatif lebih efisien mengikuti
saluran pemasaran B1.
Collections
- UT - Agribusiness [4256]