Show simple item record

dc.contributor.advisorHadianto, Adi
dc.contributor.advisorRaswatie, Fitria Dewi
dc.contributor.authorCahyani, Desi Dwi
dc.date.accessioned2017-05-31T04:16:44Z
dc.date.available2017-05-31T04:16:44Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85981
dc.description.abstractKoperasi Produksi Susu Bogor memiliki kawasan yang diperuntukkan sebagai sentra peternakan sapi perah di Kabupaten Bogor yaitu Kawasan Usaha Peternakan (KUNAK) Sapi Perah Cibungbulang. Produksi susu segar yang dihasilkan telah mencapai hampir 10 000 liter per harinya, akan tetapi pemasaran dari susu segar tersebut masih bergantung kepada beberapa lembaga pemasaran saja dan terfokus pada industri pengolahan susu, padahal permintaan susu segar di wilayah lain selain wilayah yang telah ada cukup tinggi sehingga peternak harus dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan melakukan ekspansi pemasaran susu segar. Tujuan penelitian yaitu: (1) mengidentifikasi saluran, lembaga dan fungsi dalam pemasaran susu segar di KUNAK Cibungbulang; (2) menganalisis wilayah potensial untuk ekspansi pemasaran susu segar. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis diskriminan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran di KUNAK Cibungbulang, dimana lembaga yang terlibat terdiri dari peternak sebagai produsen, koperasi sebagai tempat pengumpulan susu, dan pedagang pengecer. Ketiga lembaga tersebut melakukan fungsi pemasaran yang berbeda-beda. Rencana wilayah pemasaran potensial untuk ekspansi pemasaran susu segar dari KUNAK yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kota Bogor untuk wilayah yang dibatasi pada Jabodetabek, sedangkan untuk rencana perluasan wilayah di Jawa Barat yaitu Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung, dan Kota Bandung.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcBusiness managementid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titleAnalisis Penentuan Wilayah Potensial untuk Ekspansi Pemasaran Susu Segar (Studi Kasus: Kawasan Usaha Peternakan Sapi Perah Cibungbulang)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordanalisis diskriminanid
dc.subject.keywordekspansi pemasaranid
dc.subject.keywordpemasaranid
dc.subject.keywordsusu segarid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record