View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Penentuan Wilayah Potensial untuk Ekspansi Pemasaran Susu Segar (Studi Kasus: Kawasan Usaha Peternakan Sapi Perah Cibungbulang)

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (28.45Mb)
      Date
      2016
      Author
      Cahyani, Desi Dwi
      Hadianto, Adi
      Raswatie, Fitria Dewi
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Koperasi Produksi Susu Bogor memiliki kawasan yang diperuntukkan sebagai sentra peternakan sapi perah di Kabupaten Bogor yaitu Kawasan Usaha Peternakan (KUNAK) Sapi Perah Cibungbulang. Produksi susu segar yang dihasilkan telah mencapai hampir 10 000 liter per harinya, akan tetapi pemasaran dari susu segar tersebut masih bergantung kepada beberapa lembaga pemasaran saja dan terfokus pada industri pengolahan susu, padahal permintaan susu segar di wilayah lain selain wilayah yang telah ada cukup tinggi sehingga peternak harus dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan melakukan ekspansi pemasaran susu segar. Tujuan penelitian yaitu: (1) mengidentifikasi saluran, lembaga dan fungsi dalam pemasaran susu segar di KUNAK Cibungbulang; (2) menganalisis wilayah potensial untuk ekspansi pemasaran susu segar. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis diskriminan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran di KUNAK Cibungbulang, dimana lembaga yang terlibat terdiri dari peternak sebagai produsen, koperasi sebagai tempat pengumpulan susu, dan pedagang pengecer. Ketiga lembaga tersebut melakukan fungsi pemasaran yang berbeda-beda. Rencana wilayah pemasaran potensial untuk ekspansi pemasaran susu segar dari KUNAK yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kota Bogor untuk wilayah yang dibatasi pada Jabodetabek, sedangkan untuk rencana perluasan wilayah di Jawa Barat yaitu Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung, dan Kota Bandung.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85981
      Collections
      • UT - Resources and Environmental Economic [2123]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository