Analisis Penentuan Wilayah Potensial untuk Ekspansi Pemasaran Susu Segar (Studi Kasus: Kawasan Usaha Peternakan Sapi Perah Cibungbulang)
View/ Open
Date
2016Author
Cahyani, Desi Dwi
Hadianto, Adi
Raswatie, Fitria Dewi
Metadata
Show full item recordAbstract
Koperasi Produksi Susu Bogor memiliki kawasan yang diperuntukkan
sebagai sentra peternakan sapi perah di Kabupaten Bogor yaitu Kawasan Usaha
Peternakan (KUNAK) Sapi Perah Cibungbulang. Produksi susu segar yang
dihasilkan telah mencapai hampir 10 000 liter per harinya, akan tetapi pemasaran
dari susu segar tersebut masih bergantung kepada beberapa lembaga pemasaran
saja dan terfokus pada industri pengolahan susu, padahal permintaan susu segar di
wilayah lain selain wilayah yang telah ada cukup tinggi sehingga peternak harus
dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan melakukan ekspansi pemasaran
susu segar. Tujuan penelitian yaitu: (1) mengidentifikasi saluran, lembaga dan
fungsi dalam pemasaran susu segar di KUNAK Cibungbulang; (2) menganalisis
wilayah potensial untuk ekspansi pemasaran susu segar. Metode penelitian yang
digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis diskriminan. Hasil menunjukkan
bahwa terdapat tiga saluran pemasaran di KUNAK Cibungbulang, dimana
lembaga yang terlibat terdiri dari peternak sebagai produsen, koperasi sebagai
tempat pengumpulan susu, dan pedagang pengecer. Ketiga lembaga tersebut
melakukan fungsi pemasaran yang berbeda-beda. Rencana wilayah pemasaran
potensial untuk ekspansi pemasaran susu segar dari KUNAK yaitu Kota Depok,
Kota Bekasi, dan Kota Bogor untuk wilayah yang dibatasi pada Jabodetabek,
sedangkan untuk rencana perluasan wilayah di Jawa Barat yaitu Kabupaten Garut,
Kabupaten Bandung, dan Kota Bandung.