View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Model Persamaan Struktural Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Impulse Buying Behavior Transaksi Belanja Online (Studi Kasus Di Lingkungan Institut Pertanian Bogor).

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (1011.Kb)
      Date
      2016
      Author
      Hadidtyaningrum, Mutia
      Masjkur, Mohammad
      Silvianti, Pika
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kegiatan berbelanja secara online telah menjadi kebutuhan dan gaya hidup modern masyarakat Indonesia. Sebagaian besar pelaku transaksi e-commerce melalui toko online masih didominasi transaksi bisnis fashion. Ada yang menarik dari perilaku konsumen di Indonesia, sebagian besar konsumen yang membelanjakan uang mereka dalam bisnis online mengalami impulse buying (pembelian tak terencana) saat berbelanja. Gambaran faktor-faktor yang memengaruhi transaksi impulsif konsumen menjadi perhatian bagi pengusaha maupun perusahaan toko online. Secara teori impulse buying behavior dipengaruhi oleh shopping lifestyle, fashion involvement, dan faktor situasional. Shopping lifestyle, fashion involvement, faktor situasional dan impulse buying behavior merupakan variabel yang tidak dapat diukur secara langsung (variabel laten) sehingga, analisis statistika yang dapat digunakan adalah model persamaan struktural (MPS). Tujuan penelitian ini adalah memperoleh model persamaan struktural yang dapat menggambarkan hubungan antar variabel laten, dan antar variabel laten dengan variabel indikatornya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer hasil survei terhadap mahasiswa aktif IPB pada tahun 2016 yang melakukan transaksi belanja produk fashion secara online minimal 3 kali dalam periode April 2015 - Maret 2016. Model pengukuran menunjukkan semua variabel indikator pada impulse buying behavior, yakni spontanitas, kekuatan, kompulsi ,dan intensitas, kegairahan dan stimulasi, serta ketidakpedulian akan akibat, dan variabel indikator lingkungan sosial pada faktor situasional telah mampu mencerminkan variabel laten dan reliabel mengukur variabel latennya. Model persamaan struktural menunjukkan bahwa faktor situasional berpengaruh nyata terhadap impulse buying behavior.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85783
      Collections
      • UT - Statistics and Data Sciences [1212]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository