| dc.contributor.advisor | Winandi, Ratna | |
| dc.contributor.author | Tambunan, Franky Immanuel Halomoan | |
| dc.date.accessioned | 2017-05-24T03:34:18Z | |
| dc.date.available | 2017-05-24T03:34:18Z | |
| dc.date.issued | 2017 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85470 | |
| dc.description.abstract | Pola pemasaran hasil panen petani akan mempengaruhi besar kecilnya
pendapatan seorang petani.Jumlah lembaga pemasaran yang terlibat dalam proses
pemasaran akan menentukan besarnya biaya pemasaran yang dikeluarkan serta
panjang pendeknya rantai pemasaran yang terbentuk.Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengidentifikasi pelaku-pelaku pemasaran,saluran pemasaran,dan fungsifungsi
pemasaran,serta menganalisis efisiensi saluran pemasaran tandan buah
segar (TBS) kelapa sawit dengan menggunakan 3 indikator,yaitu margin
pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya pemasaran.
Metode penentuan petani responden dan lembaga pemasaran dilakukan dengan
metode snowball sampling. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat empat
saluran pemasaran yang terbentuk.Dimana,secara relatif saluran pemasaran yang
paling efisien adalah saluran 3 bagi petani dan saluran 4 bagi lembaga pemasaran. | id |
| dc.language.iso | id | id |
| dc.publisher | IPB (Bogor Agricultural University) | id |
| dc.subject.ddc | Management | id |
| dc.subject.ddc | Marketing | id |
| dc.subject.ddc | 2016 | id |
| dc.subject.ddc | Kampar-Riau | id |
| dc.title | Analisis pemasaran tandan buah segar kelapa sawit di Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. | id |
| dc.type | Undergraduate Thesis | id |
| dc.subject.keyword | biaya pemasaran | id |
| dc.subject.keyword | efisiensi | id |
| dc.subject.keyword | farmer’s share | id |
| dc.subject.keyword | tandan buah segar | id |
| dc.subject.keyword | margin | id |