Efisiensi Pemasaran Wortel di Cianjur Jawa Barat.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi alternatif saluran pemasaran
yang dimiliki petani wortel serta menganalisis efisiensi pemasaran wortel di
Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Data dikumpulkan dari petani dan pedagang.
Petani berjumlah 14 petani dan pedagang berjumlah 16 orang. Metode penentuan
sampel petani adalah purposive sampling dan pedagang menggunakan metode
snowball. Petani memiliki 4 alternatif saluran pemasaran yaitu (i) petani –
pedagang pengumpul 1 – pedagang pengumpul 2 – pedagang besar – pedagang
pengecer – konsumen akhir, (ii) petani – pedagang pengumpul 2 – pedagang besar
– pedagang pengecer – konsumen akhir (iii) petani – pedagang pengumpul 1 --
pedagang pengecer – konsumen akhir dan (iv) petani – pedagang besar –
pedagang pengecer – konsumen akhir. Saluran pemasaran 4 merupakan saluran
pemasaran paling efisien. Akan tetapi sebagian besar petani memilih saluran
pemasaran (i).
Collections
- UT - Agribusiness [4610]