| dc.description.abstract | Coffee shop di Kota Bogor mengalami pertumbuhan yang signifikan
sebesar 154.76% per tahunnya. Banyak faktor yang menyebabkan pertumbuhan
coffee shop di Kota Bogor, sehingga terjadinya tren hangout di coffee shop. Hal
ini lah yang dicermati oleh para wirausahawan di Kota Bogor sehingga
mendirikan coffee shop, aktivitas inilah yang disebut dengan perilaku wirausaha.
Oleh karena itu penelitian ini dilakukakan untuk mengidentifikasi perilaku
wirausaha, karakteristik wirausaha dan kinerja usahanya serta menganalisis
hubungannya antara perilaku wirausaha dengan kinerja usaha. Metode penelitian
ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi rank spearman dengan
menggunakan aplikasi windows excel dan SPSS 22. Lokasi penelitian ini
dilakukan di seluruh coffee shop di Kota Bogor terkecuali coffee shop yang
mengunakan sistem frenchise. Hasil dari penelitian ini menunujukan bahwa
karakteristik wirausaha sebagian besar berkategori golongan muda yang
menamatkan pendidikan sarjana. Sedangkan kinerja usaha sebagian besar masuk
dalam kategori rendah dan sebaran perilaku wirausaha sama yaitu 50% rendah dan
50% tinggi. Hubungan perilaku wirausaha coffee shop terhadap kinerja usaha
menunjukan hubungan nyata postif. Yang artinya jiks perilaku wirausaha
ditingkatkan maka kinerja usahanya pun akan meningkat. | id |