dc.description.abstract | UMKM adalah sektor ekonomi yang tahan krisis, namun belum optimal pada
industri hilir. Cilok Boga Rasa adalah salah satu UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan
Menengah) industri hilir yang berada di Tangerang Selatan. Cilok Boga Rasa
merencanakan pengembangan usaha di masa yang akan datang. Pengumpulan data
dilakukan pada bulan Juli sampai dengan September 2016 dengan sampel sebanyak
30 responden. Metode analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis sikap kewirusahaan penjual cilok
UMKM Cilok Boga Rasa di Tangerang Selatan, dan (2) menganalisis pengaruh
sikap kewirusahaan penjual cilok UMKM Cilok Boga Rasa terhadap keberhasilan
usaha. Hasil menunjukkan bahwa sikap kewirusahaan yang signifikan pada penjual
cilok adalah pengambilan risiko, kerja keras, menghargai waktu, dan percaya diri.
Sedangkan variabel keberhasilan usaha cilok ini yang signifikan adalah kepuasan
konsumen dan peningkatan jumlah konsumen. Sikap kewirusahaan penjual cilok
berpegaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha. | id |