Hubungan antara Persepsi dan Keragaman Motif Sosial dengan Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Program CSR PT X (Kasus: Koperasi Serba Usaha Rancage Binaan CSR PT X).
Abstract
Partisipasi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan
program CSR. Karakteristik individu, persepsi, dan motif sosial menjadi faktor
penting dalam upaya membangkitkan partisipasi masyarakat dalam program CSR.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara karakteristik individu,
persepsi terhadap program KSU Rancage, dan keragaman motif sosial dalam
program KSU Rancage dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam program KSU
Rancage. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat
pendapatan (rs = 0.372*, ρ < 0.05), persepsi terhadap program KSU Rancage (rs =
0.488**, ρ < 0.01), dan keragaman motif sosial (rs = 0.413*, ρ < 0.05) dengan
tingkat partisipasi masyarakat dalam program KSU Rancage.