Show simple item record

dc.contributor.advisorKrisnamurthi, Bayu
dc.contributor.authorSaragih, Winda Adelita
dc.date.accessioned2017-05-04T04:14:34Z
dc.date.available2017-05-04T04:14:34Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84258
dc.description.abstractSalah satu hal yang berpengaruh terhadap besar kecilnya pendapatan petani adalah pola pemasaran hasil panen petani. Jumlah lembaga pemasaran yang terlibat dalam proses pemasaran akan menentukan besarnya biaya pemasaran serta panjang pendeknya rantai pemasaran yang terbentuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pelaku-pelaku pemasaran, saluran pemasaran, dan fungsifungsi pemasaran, serta menganalisis efisiensi saluran pemasaran jambu kristal dengan menggunakan 3 indikator, yaitu margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan atas biaya pemasaran. Metode penentuan petani responden dilakukan dengan menggunakan metode sensus, sedangkan penentuan lembaga pemasaran dilakukan dengan metode snawball sampling. Hasil penelitian ini menyatakan terdapat sembilan saluran pemasaran yang terbentuk, terdiri dari enam saluran pemasaran mitra dan tiga saluran pemasaran non mitra. Saluran pemasaran yang paling efisien secara relatif adalah saluran 1, saluran 2, dan saluran 8.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcMarketingid
dc.subject.ddcMarket researchid
dc.subject.ddc2015id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titleAnalisis Efisiensi Pemasaran Jambu Kristal di Desa Cikarawang Kecamatan Dramaga, Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordbiaya pemasaranid
dc.subject.keywordefisiensiid
dc.subject.keywordfarmer’s shareid
dc.subject.keywordjambu kristalid
dc.subject.keywordmarginid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record