Pengaruh Label Halal dan Aspek Religiusitas terhadap Pembelian Produk Makanan Olahan Impor (Studi Kasus Konsumen Muslim DKI Jakarta)
Abstract
Umat muslim diwajibkan untuk mengonsumsi makanan halal sesuai
dengan perintah agama Islam. Agama dan faktor pribadi dapat memengaruhi
perilaku konsumen khususnya pada keputusan membeli suatu produk. Tidak
semua produk makanan sudah berlabel halal terutama produk impor. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat pengaruh label halal, aspek religiusitas dan faktor pribadi
terhadap pembelian produk makanan olahan impor pada konsumen muslim di
DKI Jakarta. Aspek religiusitas diukur dengan lima dimensi R.Stark C.Y Glock.
Metode yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis
menunjukkan bahwa label halal, aspek religiusitas (dimensi ritual, dimensi
ideologis dan dimensi intelektual), faktor pribadi (usia dan pendapatan) signifikan
memengaruhi keputusan pembelian produk makanan olahan impor.