dc.description.abstract | Inovasi dibutuhkan oleh usaha mikro, kecil, dan menengah untuk tumbuh
dan bertahan di tengah persaingan usaha yang semakin kompetitif. Namun
demikian, inovasi harus disesuaikan dengan kendala yang ada mengingat
keterbatasan jumlah tenaga kerja, jumlah aset, jumlah pendapatan, dan jumlah
anggaran untuk melakukan inovasi. Bentuk dari inovasi yang dapat dilakukan
suatu usaha dalam upaya meningkatkan daya saingnya antara lain, inovasi model
bisnis, pemasaran, organisasi, proses dan teknologi, produk, pelayanan, serta
rantai pasok. Sumber daya manusia menjadi faktor penting dalam peningkatan
kinerja dan inovasi usaha mikro, kecil, dan menengah. Penelitian ini bertujuan
untuk merancang strategi inovasi yang sesuai dengan kendala, kemampuan
sumber daya manusia dan peluang inovasi dalam upaya peningkatan daya saing.
Metode analisis yang digunakan yaitu evaluasi model structural equation
modeling dengan pendekatan partial least square dan analytical hierarchy
process.
Hasil analisis menunjukkan sumber daya manusia berpengaruh sebesar
0.761 terhadap penyelesaian kendala dan berpengaruh sebesar 0.806 terhadap
keberhasilan pelaksanaan inovasi. Kendala utama yang harus diselesaikan adalah
pada sumber daya manusia (0.820), promosi (0.807), manajerial keuangan dan
administrasi (0.790), lokasi (0.761), serta pemasaran (0.753). Inovasi yang paling
mempengaruhi keputusan pembelian dan sesuai pada kemampuan UMKM saat ini
adalah inovasi pelayanan (0.830), organisasi (0.822), model bisnis (0.786), rantai
pasok (0.768), dan pemasaran (0.755). Sementara untuk pemrioritasan faktor yang
mempengaruhi kemampuan sumber daya manusia yaitu, kemampuan akses
informasi dan internet (0.821), pelatihan (0.764), pendidikan (0.756), besaran gaji
(0.663), dan pengalaman (0.361).
Formula strategi inovasi yang diperoleh adalah fokus pada inovasi
pemasaran dengan mendorong pelaku usaha untuk aktif ikut serta dalam kegiatan
pameran dan seminar sebagai analisis formulasi strategi yang memberikan
dampak signifikan terhadap omset dan memungkinkan secara teknis untuk
dilakukan dalam upaya peningkatan daya saing usaha. Selain itu strategi lain yang
menunjang peningkatan daya saing adalah bimbingan teknis sesuai kebutuhan,
serta diklat promosi dan pemasaran online. | id |