View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Pemasaran Ubi Jalar (Studi Kasus: Kelompok Tani Hurip, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor)

      Thumbnail
      View/Open
      Full text (1.748Mb)
      Date
      2015
      Author
      Silalahi, Yosia Bsms
      Hadianto, Adi
      Raswatie, Fitria Dewi
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Ubi jalar adalah salah satu komoditas pertanian terpenting di Indonesia. Sektor pertanian salah satu kunci dalam pengentasan kemiskinan, penyedia lapangan kerja, dan juga sebagai kunci dalam pemantapan ketahanan pangan nasional. Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor merupakan sentra produksi ubi jalar di Jawa Barat. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi saluran pemasaran yang terjadi dan menganalisis saluran pemasaran yang efisien, dengan menggunakan analisis marjin pemasaran, farmer’s share, dan analisis keuntungan resiko terhadap biaya pemasaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan adalah purposive sampling untuk petani dan metode snowball untuk lemabaga pemasaran yang terlibat. Lembaga pemasaran yang terlibat adalah kelompok tani, pedagang pengumpul dan pedagang pengecer. Hasil dari analisis, didapatkan saluran pemasaran 5 adalah saluran yang paling efisien bagi petani produsen dengan nilai marjin pemasaran terkecil sebesar Rp 800,00, farmer’s share terbesar sebesar 73,33 persen dan total biaya pemasaran terkecil sebesar Rp 320,00. Dengan mengetahui saluran pemasaran yang efisien dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Saran pada penelitian ini adalah petani produsen diharapkan mampu melakukan kegiatan usahataninya dengan lebih baik, mencari informasi harga di tingkat konsumen agar posisi tawar menawar lebih kuat. Pedagang pengecer perlu memberikan kepastian harga sehingga konsumen dan petani mengetahui harga yang pasti dan tidak terjadi tawar menawar harga ubi jalar. Lembaga pemasaran dapat memperluas pasar dengan membuat outlet dan bekerjasama dengan lembaga pemasaran yang menjual produk olahan ubi jalar. Saran penelitian selanjutnya adalah meningkatkan nilai tambah ubi dan meningkatkan total penjualan pada saluran 5 (saluran pemasaran yang efisien bagi petani).
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/83014
      Collections
      • UT - Resources and Environmental Economic [1787]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository