Faktor Keputusan Pembelian Ikan Lele Oleh Pengusaha Restoran Kaki Lima Pecel Lele Kecamatan Bojongsari Depok
View/ Open
Date
2015Author
Akbar, Bintang Mukhammad Burhanudin
Adhi, Andriyono Kilat
Metadata
Show full item recordAbstract
Banyaknya pedagang kaki lima pecel lele di Bojongsari membuat perbedaan
sikap mereka dalam pembelian ikan lele sebagai bahan baku. Tujuan penelitian ini
adalah mengidentifikasi proses keputusan pembelian ikan lele, menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian dan menganalisis atribut yang
mempengaruhi keputusan pembelian. Pengambilan data dilakukan dengan
menggunakan kuesioner kepada 55 responden mengunakan teknik purposive
sampling. Data diolah dengan analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis multi
atribut fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelian
kebutuhan pedagang adalah profit tinggi dengan menyediakan ikan lele sebagai bahan
baku olahan. Informasi didapat dari petani dan hal yang paling menarik adalah harga.
Evaluasi alternatif yang difokuskan adalah harga. Pembelian dilakukan di lokasi
kolam pembudidaya ikan atau supplier dengan sistem pembayaran tunai. Hasil
analisis faktor menyatakan bahwa faktor pembelian dibagi dalam 5 kelompok faktor.
Sikap pedagang terhadap atribut pembelian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu
kelompok sangat positif dan kelompok positif.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]