Strategi pengembangan usaha madu di pusat perlebahan nasional (pusbahnas) parung panjang, bogor
Abstract
Pusat Perlebahan Nasional (Pusbahnas) adalah badan usaha milik negara yang memproduksi berbagai jenis produk madu dan turunannya. Seiring perkembangan usahanya, Pusbahnas mengalami kendala seperti tingginya tingkat persaingan dan perkembangan usahanya yang belum cukup pesat dibandingkan dengan perusahaan madu lainnya, hal ini terlihat dari kenaikan volume serta penerimaan penjualan yang tidak terlalu signifikan setiap tahunnya. Untuk mengatasi kendala tersebut perlu dilakukan penelitian untuk mengkaji faktor ekternal dan internal, merumuskan strategi alternatif yang tepat, serta merekomendasikan alternatif strategi prioritas terbaik yang dapat diterapkan. Penelitian ini menggunakan matriks IFE dan EFE untuk mengidentifikasi faktor eksternal dan internal, matriks SWOT dan IE untuk merumuskan strategi alternatif yang tepat serta matriks QSPM untuk merekomendasikan strategi alternatif prioritas terbaik. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa strategi paling tepat untuk diterapkan adalah mempertahankan mutu pelayanan kepada konsumen dengan mempertahankan kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan ketersediaan produk. The National Beekeeping Centre (Pusbahnas) is a government-owned company which produces various kinds of honey products and its derivatives. Along with the development of its business, the National Beekeeping Centre is encountering problems such as the high level of competition and the development of its business that are not quite fast when compared with other honey companies, it is seen from the increase in sales volume as well as the reception is not significant every year. In overcoming these obstacles necessary to do a research aimed to reviewing external and internal factors, formulate an appropriate alternative strategies, as well as recommending the best alternative priority strategies to be applied. The research used IFE and EFE matrix to identify external and internal factors, the SWOT and IE matrix to formulate an appropriate alternative strategies, QSPM matrix to recommend the best alternative priority strategies. Based on the results of this research showed that the most appropriate strategy to be applied is to maintain the quality of service to customers by maintaining quality, quantity, continuity, and availability of products.
Collections
- UT - Agribusiness [4614]