Show simple item record

dc.contributor.advisorSiregar, Edward H.
dc.contributor.authorWibowo, R. Rizky Setyo
dc.date.accessioned2014-12-09T02:11:39Z
dc.date.available2014-12-09T02:11:39Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/71054
dc.description.abstractTingkat kesibukan manusia yang semakin padat mengakibatkan kurangnya waktu untuk mempersiapkan kebutuhanpokoknya, yaitu makanan. sehingga banyak orang mencari alternatif pilihan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu pilihannya adalah Catherius Musicafe (CM). Dengan semakin banyaknya jumlah tempat penjualan makanan di kota Bogor, semakin ketat pula persaingan dalam memperoleh pelanggan, sehingga perlu adanya upaya CM untuk meningkatkan pelayanan demi kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis harapan pelanggan terhadap pelayanan CM (2) menganalisis kinerja CM yang diterima pelanggan (3) menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap atribut produk dan pelayanan CM. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari hasil penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden dan wawancara kepada pihak CM, sementara data sekunder diperoleh dari literatur buku, internet dan dokumen perusahaan. Pengambilan sample pada penelitian ini adalah nonprobablity sampling dengan teknik convenience sampling dan pengunjung CM sebagai responden. Analisis data yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik responden, Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfation Index (CSI). Hasil penelitian dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 31 atribut dalam sepuluh dimensi kualitas jasa, terdapat enam buah atribut yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan, karena belum dapat memuaskan pelanggan CM. Keenam atribut prioritas tersebut adalah : (1) juru masak yang membuatkan pesanan pelanggan tanpa waktu yang lama, (2) pelayan yang sigap dalam menanggapi keluhan pelanggan, (3) adanya izin usaha cafe, (4) adanya jaminan makanan sehat & higienis, (5) ruangan cafe yang aman dalam menghadapi cuaca buruk, dan (6) jumlah toilet yang cukup dan bersih. Berdasarkan metode analisis dapat diketahui bahwa nilai CSI sebesar 76,38 yang berada pada interval nilai 0,66-0,80 yang berarti pengunjung merasa “Puas” terhadap pelayanan CM. Saran untuk perbaikan yang dituangkan dalam Implikasi Manajerial difokuskan pada hasil perhitungan Importance Performance Analysis (IPA) yaitu enam atribut yang terdapat dalam Kuadran I.en
dc.language.isoid
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baraten
dc.subject.ddc2014en
dc.subject.ddcCustomer satisfactionen
dc.subject.ddcManagementen
dc.titleAnalisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Catherius Musicafe Bogoren
dc.subject.keywordBogor Agricultural University (IPB)en
dc.subject.keywordKepuasan pelangganen
dc.subject.keywordEconomics managementen
dc.subject.keywordMarketingen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record