Show simple item record

dc.contributor.advisorHarmini
dc.contributor.authorTrisnawati, Diana
dc.date.accessioned2013-07-23T01:58:36Z
dc.date.available2013-07-23T01:58:36Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/64830
dc.description.abstractPendirian koperasi menurut UU Perkoperasian, adalah memajukan untuk kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang- Undang Dasar 1945. Kokalum (Koperasi Karyawan Inalum) merupakan koperasi karyawan dari PT Inalum yang telah berdiri mulai 12 April 1984, ditujukan kepada karyawan PT Inalum sebagai wadah untuk memenuhi segala kebutuhan karyawannya. Pengukuran tingkat kepuasan anggota dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peran koperasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik terhadap anggotanya dan sebagai bahan evaluasi untuk pengembangan kinerja pengurus dalam memenuhi kebutuhan anggotanya. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tingkat kepuasan anggota Kokalum dan merumuskan strategi untuk pengembangan kinerja pengurus Kokalum. Penelitian dilaksanakan di Koperasi Karyawan Inalum Tanjung Gading Kabupaten Batubara Sumatera Utara, tepatnya di unit usaha toko Kokalum. Dimana unit usaha ini sebagai indikator kepuasan anggota Kokalum, dikarenakan unit usaha ini dapat langsung dinikmati oleh anggota dan merupakan unit usaha terbesar yang dimiliki Kokalum dengan investasi dana terbesar pula. Selain itu, setiap transaksi yang dilakukan menggunakan nomer anggota Kokalum, sehingga perhitungan transaksi setiap akhir bulan masuk dalam perhitungan SHU setiap tahunnya. Besar kecilnya SHU yang diterima anggota setiap tahunnya tergantung dari banyaknya jumlah transaksi yang dilakukan anggota di unit usaha toko Kokalum. Waktu penelitian dilakukan selama bulan Januari hingga Februari 2011, dengan menggunakan sampel sebanyak 60 orang. Penelitian ini menggunakan metode Gap, analisis Impoertence Performace Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Karakteristik responden diambil dari anggota Kokalum dan dilihat dari besarnya jumlah transaksi yang dilakukan di unit usaha toko, umur anggota, jenis kelamin dan status pernikahan. Hasil perhitungan dengan menggunakan tiga metode analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa anggota Kokalum “Kurang Puas” terhadap kinerja pengurus selama ini menurut persepsi responden. Semua atribut pada tiap dimensi belum memenuhi tingkat kepentingan sesuai harapan responden, kinerja yang dilakukan pengurus belum maksimal menurut persepsi responden. Tetapi pada atribut pemberian parsel saat perayaan hari besar agama di dimensi emphaty, menunjukkan kinerja pengurus Kokalum yang memuaskan menurut persepsi responden. Kurangnya tingkat kepuasan anggota terhadap kepengurusan Kokalum, mengidentifikasikan kurangnya perhatian pengurus akan kebutuhan dan kepentingan anggotanya. Melakukan evaluasi terhadap kinerja yang dilakukan pengurus selama ini adalah sangat penting, dengan mengutamakan perbaikan kinerja terhadap kesebelas atribut yang menjadi prioritas utama. Memperhatikan kerapihan pakaian seragam pengurus dan kebersihan ruang Kokalum, menambah dan memperbaharui teknologi penunjang kegiatan Kokalum (seperti: komputer dan sistem pembayaran di unit usaha toko). Melakukan kontrol rutin dan pembaharuan informasi harga serta kelengkapan barang di unit usaha toko. Pengadaan warta Kokalum atau brosur informasi dapat menjadi sarana informasi yang baik untuk anggota. Selain itu pengadaan media informasi juga dapat membantu kinerja pengurus dalam melayani anggota Kokalum dan dapat meningkatkan kepercayaan anggota terhadap kinerja pengurus. Bantuan duka cita berupa santunan kesehatan dan kematian kepada anggota dapat lebih diperhatikan lagi. Kinerja pengurus yang sudah baik menurut persepsi responden dapat terus dipertahankan oleh pengurus, tetapi kinerja pengurus yang kurang baik perlu segera diperbaiki secara maksimal.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Tinngkat Kepuasan Anggota Koperasi Karyawan Inalum Tanjung Gading Kabupaten Batubara Sumatera Utara.en


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record