Show simple item record

dc.contributor.advisorSarianti, Tintin
dc.contributor.authorSastrajendra, Dwiyanto
dc.date.accessioned2013-07-23T01:52:20Z
dc.date.available2013-07-23T01:52:20Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/64824
dc.description.abstractIkan hias air tawar banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki daya tarik tersendiri, diantaranya keindahan akan warna, bentuk dan corak yang berbeda dari tiap jenis, sehingga diperdagangkan sebagai produk hiburan yang potensial karena dapat menempati pasar pada setiap tingkat sosial dan ekonomi masyarakat. Salah satu sentra produksi ikan hias air tawar di Indonesia ialah di Propinsi Jawa Barat. Produksi ikan hias Propinsi Jawa Barat di dominasi oleh Kabupaten Bogor. Dengan banyaknya ikan hias yang terdapat di Bogor, hal itu merupakan suatu peluang untuk berusaha di bidang perdagangan ikan hias, karena ketersediaan ikan hias sebagai produk utama cukup terjamin kualitas, kuantitas dan kontinuitasnya. Selain itu potensi lain yang cukup penting ialah minat masyarakat yang tinggi terhadap ikan hias Bogor, hal ini ditandai dengan banyaknya tempat penjualan (pedagang eceran) ikan hias yang dapat dijumpai di Bogor, mulai dari yang skala besar hingga skala kecil yang selalu ramai ketika akhir pekan dan hari libur. Apabila pengusaha ikan hias air tawar ini cukup banyak, maka akan menyebabkan semakin bertambahnya persaingan untuk memperebutkan pasar yang sama. Maka pelaku usaha di sektor ikan hias perlu mengetahui apa yang menjadi keinginan konsumen dan berupaya agar konsumennya puas. Konsumen yang tidak puas akan meninggalkan perusahaan dan menjadi pelanggan pihak pesaing. Mereka yang kecewa cenderung menceritakan kekecewaan mereka kepada pihak lain, akibatnya nama perusahaan menjadi buruk di mata konsumen lain, yang pada gilirannya laba perusahaan juga akan menurun. Oleh karena itu diperlukan pengukuran tingkat kepuasan konsumen. Bila pelanggan atau konsumen tidak puas harus segera diketahui faktor penyebabnya, dan segera dilakukan koreksi atau perbaikan. Melalui pemahaman perilaku dan kepuasan konsumen, akan diperoleh gambaran tentang konsumen sehingga pihak manajemen perusahaan dapat menyusun strategi dan program yang tepat dalam rangka memanfaatkan peluang yang ada dan mengungguli para pesaing.Salah satu pengusaha eceran ikan hias yang mengharapkan gambaran tentang konsumen yang meliputi karakteristik, perilaku, dan kepuasan konsumen ialah Toko Ikan Hias Air Tawar Terang Aquarium. Banyak hal yang belum diketahui secara jelas, atribut apa saja yang menyebabkan konsumen membeli di suatu tempat penjualan ikan hias, dan memilih ikan hias air tawar serta sarana penunjang pemeliharaan apa yang diperlukan konsumen. Karena sejak berdiri pada tahun 2003 pihak perusahaan belum mengetahui mengenai gambaran konsumen sesunguhnya dan seberapa besar kepuasan konsumennya, sehingga pemilik merasa kesulitan dalam mengambil kebijakan yang tepat dalam upaya mengembangkan usaha, mempertahankan pelanggan dan menarik konsumen baru. Toko Terang Aquarium dikenal sebagai toko ikan yang mengikuti “trend” ikan hias, hampir semua jenis ikan hias air tawar baru dan sedang “trend” bisa dijumpai di sana. Adapun jenis ikan yang terdapat di toko tersebut berkisar puluhan jenis (90-100 jenis). Penelitian ini dilakukan di Toko Ikan Hias Air Tawar Terang Aquarium yang beralamat di Jalan Mantarena No. 2 pada bulan Januari sampai Februari 2011. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen, menganalisis perilaku konsumen dalam proses keputusan pembelian dan tingkat kepuasan konsumen terhadap tingkat kepentingan dan kinerja atribut Toko Terang Aquarium. Data yang diperlukan dalam penelitian berupa data primer dan data sekunder. Penarikan sampel dilakukan dengan metode convenience sampling, yaitu sampel berdasarkan kemudahan dan kenyamanan untuk mendapatkannya. Jumlah responden yang diambil adalah 75 orang dengan 31 atribut yang diteliti. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index, dan Importance Performance Analysis. Karakteristik responden yang berkunjung ke Toko Terang Aquarium sebagian besar berjenis kelamin laki-laki (78,67 persen), status pernikahan yaitu sudah menikah (56 persen), alamat responden didominasi dari daerah Bogor (92 persen) dengan tingkat pendidikan terakhir adalah Sarjana (36 persen), pekerjaan sebagai pegawai swasta (29 persen). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa jumlah pendapatan per bulan responden tidak berbeda jauh untuk setiap golongan pendapatan (tidak ada yang mendominasi) dan tidak adanya suatu kelompok usia konsumen yang mendominasi. Berdasarkan hasil tersebut, maka kesimpulan yang diambil bahwa sebagian besar konsumen berasal dari kalangan menengah ke atas, bila di lihat dari latar belakang pendidikan dan pendapatan dan produk Terang Aquarium dapat dijangkau oleh berbagai tingkat pendapatan, serta produk Terang Aquarium diminati oleh berbagi usia, bila dilihat dari tingkat pendapatan dan usia yang tidak ada yang mendominasi. Hasil analisis terhadap proses keputusan pembelian menunjukkan bahwa sebagian besar motivasi konsumen dalam membeli mayoritas karena hobi (76 persen), informasi yang diperoleh dari teman (56 persen), yang menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli di suatu tempat penjualan ikan hias ialah ketersediaan ikan hias yang beragam (49,33 persen) dan biasanya pembelian dilakukan dengan terencana (56 persen), umumnya konsumen membeli pada waktu luang atau hari libur. Atribut yang perlu dipertahankan berdasarkan analisis Importance Performance Analysis yaitu atribut pada kuadran II (pertahankan prestasi), yaitu sikap pelayan, pengetahuan pelayan tentang produk yang dijual, pengemasan ikan atau produk lain, penanganan hama dan penyakit ikan, layout/tata letak dan dekorasi toko, display produk, kebersiham toko, penerangan toko, variasi dan jenis ikan yang tersedia, keindahan warna, bentuk ikan, keunikan ikan, kesehatan ikan, kemudahan cara perawatan, sarana penambah keindahan, perlengkapan pemeliharaan, tanggapan atau respon keluhan konsumen dan atribut yang harus diperbaiki yaitu atribut pada kuadran I (prioritas utama), yaitu harga yang ditawarkan dan potongan harga. Pengukuran mengenai kepuasan konsumen terhadap Toko Terang Aquarium sebesar 66,71 persen melalui analisis Customer Satisfaction Index, yang berarti masuk kedalam kategori “puas”. Dengan demikian, secara keseluruhan konsumen Toko Ikan Hias Air Tawar Terang Aquarium ”puas” terhadap kinerja atribut toko ikan hias tersebut.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Perilaku dan Kepuasan Konsumen Toko Ikan Hias Air Tawar Terang Aquarium Bogor, Jawa Baraten


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record