Show simple item record

dc.contributor.advisorSarianti, Tintin
dc.contributor.authorItradi, Yannya Tihbia
dc.date.accessioned2013-05-31T02:45:21Z
dc.date.available2013-05-31T02:45:21Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/63896
dc.description.abstractPertumbuhan nilai penjualan industri minuman di Indonesia secara keseluruhan mengalami peningkatan setiap tahunnya, hal ini sejalan dengan meningkatnya jumlah konsumsi minuman di Indonesia salah satunya adalah minuman ringan. Peningkatan konsumsi minuman ringan merupakan suatu peluang untuk mengembangkan industri minunan ringan di Indonesia. Salah satu jenis minuman ringan yang memiliki potensi untuk dikembangkan adalah minuman sari buah dalam kemasan. Hingga saat ini terdapat beberapa perusahaan yang bergerak di dalam bisnis minuman sari buah. Perusahaan yang ingin unggul dalam persaingan tersebut tentunya harus mengetahui informasi mengenai tingkat kepuasan konsumen terhadap kinerja produk yang dihasilkan oleh perusahaan. PT Sinar Sosro merupakan perusahaan minuman teh dalam kemasan pertama di Indonesia, saat ini PT Sinar Sosro melakukan diversifikasi produk dengan memproduksi minuman sari buah dalam kemasan bermerek Country Choice. Untuk dapat bersaing dengan produsen minuman sari buah lainnya PT Sinar Sosro perlu menganalisis tingkat kepuasaan konsumen melalui tingkat kinerja dan kepentingan atribut-atribut produk minuman sari buah jeruk Country Choice. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut produk minuman sari buah jeruk Country Choice, serta mengetahui bagaimana karakteristik konsumen Country Choice. Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customes Satisfaction Indeks (CSI) akurat dalam mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap kinerja suatu produk dikarenakan metode tersebut menganalisa tingkat kepentingan yang dihubungkan dengan tingkat kinerja atribut-atribut produk. Oleh karena itu data yang dihasilkan metode IPA dapat mempermudah perusahaan untuk dapat memperbaiki atribut-atribut perusahaan yang memiliki tingkat kinerja yang rendah berdasarkan tingkat kepentingannya.Penelitian ini dilakukan di beberapa pusat perbelanjaan dan perkantoran di Kota Bogor dengan menggunakan 100 responden yang merupakan konsumen minuman sari buah jeruk Country Choice. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Country Choice antara lain : merek, kemasan, aroma minuman, kepekatan minuman, harga sesuai volume, penulisan izin BPOM, jaminan halal, kadaluarsa, variasi ukuran produk, layanan info detai, rasa sari buah jeruk, kemudahan didapat, iklan, informasi gizi.Atribut-atribut dipandang sebagai atribut yang penting dalam produk minuman Country Choice. Berdasarkan hasil analisis Importance Performace Analysis (IPA). Terdapat lima atribut yang memiliki tingkat kinerja yang tinggi dan memiliki tingak kepentingan yang tinggi pula bagi konsumen, atribut tersebut adalah : kepekatan minuman, harga sesuai volume, informasi gizi, jaminan halal dan rasa sari buah jeruk. Sedangkan ada dua atribut yang memiliki tingkat kepentingan yang tinggi bagi konsumen namun ternyata memiliki tingkat kinerja yang rendah, atribut tersebut adalah : merek dan penulisan izin BPOM. Selain itu ada lima produk yang dianggap kurang penting oleh konsumen dan kinerjanya pun tidak terlalu istimewa, atribut-atribut ini dapat dipertimbangkan kembali keberadaannya dalam produk karena pengaruhnya terhadap kepuasan atau manfaat yang dirasakan oleh konsumen sangat kecil. Atribu-atribut tersebut adalah : kemasan, aroma minuman, variasi ukuran produk, iklan dan kemudahan di dapat. Untuk atribut layanan informasi detail dan kadaluarsa memiliki tingkat kepentingan yang rendah namum memiliki kinerja yang tinggi, oleh karena itu dapat dipertimbangkan oleh perusahaan untuk mengurangi alokasi sumberdaya pada atribut tersebut.Perolehan Customer Satisfaction Indeks (CSI) sebesar 0,9219 atau 92,19 persen. Hal ini menunjukan konsumen minuman sari buah jeruk Country Choice di Kota Bogor telah merasa sangat puas dengan kinerja atribut-atribut produk secara keseluruhan, dikarenakan nilai CSI tersebut berada dalam kategori “sangat puas” dalam rentang nilai 75 persen hingga 100 persen. Berdasarkan hasil analisis dari tingkat kepentingan dan atribut produk minuman sari buah jeruk Country Choice serta kinerja atribut produk tersebut. Saran yang diberikan kepada perusahaan adalah dengan meningkatkan edukasi dan promosi untuk meningkatkan brand image produk dimata konsumen agar konsumen tertarik untuk mengkonsumsi produk. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai sarana pendukung dalam perancangan strategi yang lebih baik bagi perusahaan,Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian mengenai loyalitas konsumen, sehingga perusahaan dapat menerapkan strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan konsumen yang mengkon sumsi minman sari buah jeruk Country Choice.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis kepuasan konsumen terhadap minuman sari buah jeruk country choice di Kota Bogoren


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record