Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Susu Kedelai Cair Bantal Merek ABC (Kasus : Giant Botani Square Bogor)
Abstract
Perubahan pola hidup masyarakat terutama di kota-kota besar di Indonesia berdampak pada perubahan pola konsumsi makanannya. Masyarakat menginginkan produk makanan dan minuman yang berkualitas, sehat, dan mudah didapat serta praktis. Hal ini berdampak pada peningkatan kesadaran masyarakat akan pemenuhan gizi keluarga yang sehat, bergizi, higienis, mudah didapat dan praktis. Protein merupakan salah satu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia yang berfungsi dalam pembentukan jaringan tubuh, dan zat pembangun tubuh. Protein dapat ditemukan dalam berbagai bahan makanan seperti sayur-sayuran, telur, susu, kacang-kacangan, daging sapi, ikan, ayam, dan sebagainya. Kacang kedelai dan produk turunannya merupakan salah satu sumber protein nabati yang sangat baik bagi tubuh manusia. Susu kedelai sangat kaya akan zat gizi, bebas kolesterol, bebas laktosa, tidak menyebabkan alergi dan memiliki daya cerna yang tinggi. Kandungan gizi susu kedelai hampir setara dengan susu sapi, dan sangat cocok bagi konsumen yang memiliki intoleransi laktosa. Susu kedelai juga dapat mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara dan kanker prostat. Harga susu kedelai yang cukup terjangkau juga merupakan keunggulan dibanding susu sapi. Rendahnya konsumsi susu Indonesia dibanding negara Asia Tenggara diakibatkan oleh mahalnya harga susu sapi. Selain itu adanya penderita intoleransi laktosa yang alergi terhadap susu sapi. Susu kedelai cair bantal merek ABC merupakan salah satu produk susu kedelai cair yang banyak beredar di pasaran. Peningkatan permintaan yang dapat dilihat dari peningkatan jumlah industri makanan dan minuman menimbulkan persaingan diantara produsen susu kedelai. Konsumen memiliki karakteristik yang berbeda-beda, yang mempengaruhi dalam perilaku proses keputusan pembelian suatu produk khususnya susu kedelai cair. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik konsumen susu kedelai cair bantal merek ABC di kota Bogor, menganalisis tingkat kepuasan konsumen susu kedelai cair bantal merek ABC di kota Bogor. Penelitian ini dilakukan dari bulan Desember 2009 hingga Januari 2010 di Giant Botani Square Bogor. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Jumlah responden sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengidentifikasi tujuan penelitian. Pengolahan data menggunakan analisis deskriptif , Important Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI).
Collections
- UT - Agribusiness [4548]