Show simple item record

dc.contributor.advisorYusalina
dc.contributor.authorErnaldi, Edgardi Muhammad
dc.date.accessioned2013-02-12T01:55:22Z
dc.date.available2013-02-12T01:55:22Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60658
dc.description.abstractAgrowisata adalah salah satu sektor penggabungan antara sektor pertanian dan pariwisata. Agrowisata mulai banyak digemari masyarakat sebagai salah satu alternatif tempat wisata yang baru dan berbeda karena menawarkan konsep back to nature. Kawasan Cisarua, Puncak, Cipanas merupakan tempat yang tingkat persaingan bisnis agrowisatanya cukup tinggi, hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang memadati kawasan tersebut pada hari libur atau long weekend untuk berwisata. Selain itu, di kawasan ini banyak tempat – tempat wisata yang menawarkan konsep agrowisata. Agrowisata Perkebunan Teh Gunung Mas adalah salah satu agrowisata di kawasan Puncak yang juga memiliki potensi wisata yang bagus, namun menghadapi persaingan bisnis yang tinggi dengan usaha lain yang sejenis. Dengan demikian, Agrowisata Perkebunan Teh Gunung Mas juga harus terus berinovasi dan memiliki strategi bisnis untuk menghadapi persaingan tersebut. Penerapan strategi bisnis dalam persaingan usaha yang tidak diterapkan secara baik, akan memberikan dampak pada keberlangsungan usaha seperti penurunan tingkat kunjungan wisatawan ke agrowisata. Tingkat kunjungan wisatawan ke Agrowisata Perkebunan Teh Gunung Mas, pada tahun 2008 mengalami penurunan menjadi 267.206 kunjungan yang mana pada tahun 2006 dapat mencapai 332.240 kunjungan. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan suatu strategi pengembangan yang harus terus dilakukan sesuai dengan keadaan lingkungan perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) serta faktor lingkungan eksternal (peluang dan ancaman) yang berpengaruh terhadap Agrowisata Perkebunan Teh Gunung Mas serta merumuskan dan menganalisis berbagai alternatif strategi yang tepat dan strategi yang diprioritaskan sesuai dengan kondisi Agrowisata Perkebunan Teh Gunung Mas. Analisis data yang dilakukan mencakup (1) analisis faktor internal dan faktor eksternal perusahaan untuk memperoleh kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan yang akan dimasukan kedalam matriks IFE dan matriks EFE, (2) posisi perusahaan diperoleh dari matriks IE, (3) alternatif strategi yang sesuai dengan keadaan internal dan keadaan eksternal perusahaan diperoleh dari matriks SWOT dan (4) alternatif strategi yang menjadi prioritas perusahaan diperoleh dari QSPM. ...en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Strategi Pengembangan Agrowisata Perkebunan Teh Gunung Mas PTPN VIII Bogor, Jawa Baraten


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record