Show simple item record

dc.contributor.authorFitriani, Meilina
dc.date.accessioned2013-02-11T02:26:52Z
dc.date.available2013-02-11T02:26:52Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60586
dc.description.abstractSektor pertanian merupakan sektor unggulan yang memegang peranan strategis dalam pembangunan perekonomian nasional dan menjadi penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar kedua setelah sektor industri pengolahan yaitu sebesar 15,8 persen pada semester I tahun 2009. Pembangunan subsektor peternakan merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam pembangunan pertanian. Kontribusi terbesar subsektor peternakan berasal dari daging, telur, dan susu. Sebagai salah satu produk utama asal ternak, daging merupakan sumber protein hewani yang mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia. Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan daging cenderung mengalami peningkatan. Pada tahun 2009, konsumsi daging masyarakat Indonesia berkisar di atas 2.281.659,4 ton, sementara tingkat produksi daging hanya mencapai 2.181.186 ton. Sebagai salah satu komoditas peternakan, domba sangat berpeluang untuk dikembangkan dalam pemenuhan kebutuhan daging. Tawakkal Farm (TF) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di sektor peternakan domba dengan kapasitas terbesar di Kabupaten Bogor. Penjualan ternak domba TF dengan segmen pasarnya yaitu pasar harian dan pasar tahunan cenderung meningkat setiap tahunnya. Namun pada tahun 2009 lalu, penjualan ternak domba TF terutama untuk pasar tahunan (kebutuhan kurban) mengalami penurunan yang cukup signifikan sebesar 20 persen. Angka penjualan ini tidak sesuai dengan target perusahaan yang seharusnya dapat mencapai 1500 ekor. Adanya kesenjangan yang terjadi antara target dengan kenyataan dikarenakan semakin banyaknya pesaing kompetitif baik peternakan kecil maupun besar yang berkecimpung di dalamnya sehingga penjualan TF mengalami penurunan. Selain itu, kurangnya kegiatan promosi yang dijalankan juga turut mempengaruhi tingkat penjualan TF, disamping perencanaan usaha TF yang belum terstruktur dengan baik sehingga perusahaan harus mampu bekerja pada kondisi yang efektif dan efisien ditunjang strategi yang tepat untuk dapat berkompetisi di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi dan menganalisis jenis domba yang prospektif yang dimiliki perusahaan untuk dikembangkan dan segmen pasar potensial bagi produk prospektif TF, (2) mengidentifikasi dan menganalisis kondisi lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha perusahaan TF, serta (3) memformulasikan strategi bisnis dan menentukan prioritas strategi bisnis yang paling tepat diterapkan oleh perusahaan TF. Penelitian dilaksanakan di peternakan Tawakkal Farm, Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Penelitian dan pengumpulan data berlangsung pada bulan April – Juni 2010. Data yang digunakan di dalam penelitian mencakup data primer dan data sekunder. Metode perumusan dan pemilihan strategi dilakukan berdasarkan analisis deskriptif, analisis produk prospektif dan segmen pasar potensial, analisis lingkungan internal dan eksternal, matriks IE, SWOT, dan QSPM. ...en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleStrategi Bisnis pada Peternakan Domba Tawakkal Farm Desa Cimande Hilir Kecamatan Caringin Bogoren


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record