Show simple item record

dc.contributor.advisorPambudy, Rachmat
dc.contributor.authorOctavia, Irena
dc.date.accessioned2013-02-08T01:57:17Z
dc.date.available2013-02-08T01:57:17Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60511
dc.description.abstractPeternakan merupakan subsektor penting dan memiliki peluang yang sangat besar dalam hal peningkatan permintaan baik dalam negeri maupun luar negeri. Kabupaten Bogor merupakan salah satu bagian dari Provinsi Jawa Barat yang melakukan pengembangan agribisnis peternakan. Salah satu jenis ternak yang sedang dikembangkan dan menjadi komoditas unggul pada tahun 2009 ialah Kambing perah Peranakan Etawa (PE). CV Ettawa Dairy Farm merupakan peternakan kambing perah yang melakukan usaha di bidang pembibitan dan penghasil susu kambing. Permintaan susu kambing di peternakan ini lebih kecil dibandingkan dengan produksi susu kambing yang dihasilkan. Oleh karena itu, diperlukan analisis kelayakan finansial dan strategi pemasaran susu kambing pada peternakan CV Ettawa Dairy Farm. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kelayakan aspek finansial peternakan kambing perah CV Ettawa Dairy Farm, menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi peternakan kambing perah CV Ettawa Dairy Farm, menganalisis strategi pemasaran susu kambing pada peternakan kambing perah CV Ettawa Dairy Farm. Penelitian dilaksanakan di CV Ettawa Dairy Farm, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Waktu penelitian dilakukan selama bulan Februari sampai April 2010. Responden penelitian terdiri dari dua orang pihak internal perusahaan dan empat orang pihak eksternal perusahaan. Pengambilan sampel dari pihak eksternal juga dilakukan pada 17 orang konsumen susu kambing CV Ettawa Dairy Farm. Berdasarkan hasil analisis kelayakan finansial, CV Ettawa Dairy Farm layak untuk dilaksanakan. Perusahaan ini layak dilaksanakan pada tingkat discount rate enam persen dan umur proyek lima tahun. Kelayakan finansial dilihat dari empat kriteria investasi, yaitu nilai bersih sekarang (net present value/NPV), tingkat pengembalian investasi (internal rate of return/IRR), rasio manfaat bersih (net benefit cost ratio/Net B/C), dan masa pengembalian investasi (payback period/PP). CV Ettawa Dairy Farm memiliki nilai NPV sebesar Rp 18.301.119,00, IRR sebesar 7,32 persen, Net B/C sebesar 1,04, payback period selama empat tahun sembilan bulan. Hasil analisis switching value menunjukkan jika terjadi kenaikan biaya pakan sebesar 9,7 persen atau penurunan harga jual susu sebesar 4,9 persen, maka usaha ternak kambing perah CV Ettawa Dairy Farm menjadi tidak layak untuk dilaksanakan. Berdasarkan perhitungan tersebut, penurunan harga jual susu lebih peka dibandingkan dengan kenaikan biaya pakan. ...en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Kelayakan Finansial dan Strategi Pemasaran Susu Kambing (Studi Kasus: CV Ettawa Dairy Farm, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat)en


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record