Show simple item record

Role Of Child Labour In The Small Industries of Sandals For Household Income And Their Welfare (Case: Village Parakan, Ciomas Subdistrict, Bogor Regency, West Java).

dc.contributor.advisorSihaloho,Martua
dc.contributor.authorAvianti, Annisa
dc.date.accessioned2012-05-03T01:32:18Z
dc.date.available2012-05-03T01:32:18Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/54355
dc.description.abstractChild labour is one of social phenomenon that its existenceis still ongoing even be complex. Child labor is a matter that can not be circumvented in the developing countries including Indonesia. Children who are working have role for contributing to family income, either directly or indirectly. The entry of children into the world of work can also have an impact for the welfare of the child. This case occurred in Village Parakan, Ciomas Subdistrict, Bogor Regency, West Java. The aims of this research are to know the factors that led to the emergence child labor and the impact of the workings of the child to their household income and children's welfare child.en
dc.description.abstractMasuknya industrialisasi khususnya industri kecil ke pedesaan membawa pengaruh yang cukup besar bagi masyarakat miskin di desa. Tanpa perlu pendidikan yang tinggi dan keterampilan khusus, masyarakat pedesaan dapat bekerja di industri ini. Hal ini tak terkecuali pula bagi anak-anak seperti terjadi di Desa Parakan, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab suatu pertanyaan penelitian yang utama yaitu: apa dampak yang timbul dari bekerjanya anak terhadap pendapatan rumahtangganya serta kesejahteraan diri anak tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian survai dengan kuesioner. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan didukung oleh data kualitatif seperti jawaban responden atas pertanyaan terbuka dalam angket dan kalimat hasil konsultasi atau wawancara antara peneliti dan informan. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah tiga puluh satu rumahtangga. Pekerja anak di Desa Parakan memiliki karakteristik individu, rumahtangga serta pekerjaan yang berbeda. Tingkat drop out yang tinggi ditambah lagi dengan status sosial rumahtangga yang rendah serta tersedianya lapangan pekerjaan di bengkel sandal yang mampu menerima mereka menyebabkan anak-anak tak ragu untuk bekerja di usia dini. Bekerjanya anak di bengkel sandal ini tidak membawa dampak yang cukup berarti bagi peningkatan pendapatan rumahtangga. Setidaknya anak tersebut dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dengan hasil yang mereka dapatkan dari bekerja. Bekerjanya anak-anak ini juga membawa dampak tersendiri bagi kesejahteraan mereka.
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.subjectchild welfareen
dc.subjectchild laboren
dc.subjecthousehold incomeen
dc.titlePeranan Pekerja Anak di Industri Kecil Sandal terhadap Pendapatan Rumahtangga dan Kesejahteraan Dirinya (Kasus: Desa Parakan, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat)en
dc.titleRole Of Child Labour In The Small Industries of Sandals For Household Income And Their Welfare (Case: Village Parakan, Ciomas Subdistrict, Bogor Regency, West Java).


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record