Show simple item record

Influence of Social Capital inAcquisition Stages of Micro Credit in Village of Pasir Mulya, Western District of Bogor,Bogor Muncipility

dc.contributor.advisorWahyuni,Ekawati S.
dc.contributor.authorKuntoro, Diadji
dc.date.accessioned2012-02-23T01:47:38Z
dc.date.available2012-02-23T01:47:38Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53504
dc.description.abstractThis study was located in Pasir Mulya Village district of Bogor City, West Java Province. Since July 20 until August 18. The purpose of this study was to analized the influence of social capital on the acquisitionphasesof micro-credit. This study used a quantitative approach and qualitative approach as supported.Quantitative data obtained through a questionnaire to 30small bussiness who were respondents in this study. While the qualitative approach was done through observation, depth interviews, and search related documents or literary study. Generally the problems faced by small businesses was difficulty in obtaining loans to Banks so that fromit comes the microfinance institutions. Microfinance institutions are financial institutions that facilitate financial service small busines issues. Cooperation that exist between small business and microfinance institutions show there are other things besides economic factors which affect social capital. Sicial capital has three components they are trust, sicial networks and norms. Based on research results of all three components of the only norm that has no influence on thephases of the acquisition stage of micro-credit. Although not all components of social capital have an inflience on the acquiition stage of micro credit but overall condition of the social capital of small businesses be said to be gooden
dc.description.abstractKeterbatasan akses sumber-sumber pembiayaan yang dihadapi oleh para pelaku UKM merupakan masalah yang paling banyak ditemui karena pada umumnya usaha kecil mikro merupakan usaha yang bersifat tertutup yang mengandalkan modal dari pemilik yang jumlahnya sangat terbatas. Berangkat dari hal itu maka munculah suatu lembaga keuangan yang khusus mengatasi masalah pendanaan pelaku usaha kecil yakni Lembaga Keuangan Mikro (LKM). Kerjasama yang dibentukoleh pihakLKM dengan pelaku usaha kecil melalui pinjaman kredit yang diberikan kepada pelaku usaha tersebut menunjukan adanya suatu hal yang mempengaruhi pihak LKM bersedia meminjamkan kredit kepada pelaku usaha tanpa disertai jaminan atau angunan. Hal tersebut adalah modal sosial dimana kepercayaan, norma dan jaringan merupakan pilar-pilar utama dari modal sosial itu. Berdasarkan hal tersebut maka munculah beberapa pertanyaan di dalam penelitian ini yakni Apakah modal sosial (kepercayaan, jaringan, norma) yang terdapat antara pelaku usaha kecil mikro dan LKM berpengaruh terhadaptahapan perolehan kredit dan komponen modal sosial (kepercayaan, jaringan, norma) apa yang paling berpengaruh terhadap tingkatan perolehan kredit. Untuk menjawab kedua permasalahan tersebut digunakan metode penelitian kuantitatif dengan kuesioner didukung dengan data kualitatif melalui observasi, wawancara mendalam, dan penelusuran dokumen yang terkait dengan pembahasan. Pendekatan kuantitatif ditujukan bagi 30 responden yang diperoleh dengan metode simple random sampling dari 60 kerangka sampling yang merupakan pelaku usaha kecil di kelurahan Pasir Mulya khususnya di RW 02.Hasil di lapangan menunjukan bahwa dari ketiga komponen modal sosial yakni kepercayaan, jaringan dan norma hanya jaringan yang memiliki pengaruh yang paling besar diantara kedua komponen lainnya yakni kepercayaan dan norma hal ini dikarenakan sebagian bersar warga yang memperoleh kredit dari LKM Bina Usaha Mandiri merupakan tetangga dan teman dekat sehingga jaringan sosial sangat erat kaitannya di sini. Meskipun kepercayaan juga memilikki pengaruh terhadap tahapan perolehan kredit mikro sebagian responden saja yang berhasil memperoleh kredit atas dasar kekerabatan, status posisi sosial dan keterampilan.
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.subjectsocial capitalen
dc.subjectthe acqustion stage creditsen
dc.subjectketch businessesen
dc.subjectinstitutions microfinanceen
dc.titlePengaruh Modal Sosial Terhadap Tingkatan Perolehan Kredit Mikro Oleh Pelaku Usaha Kecil di Kelurahan Pasir Mulya Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.en
dc.titleInfluence of Social Capital inAcquisition Stages of Micro Credit in Village of Pasir Mulya, Western District of Bogor,Bogor Muncipility


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record