Show simple item record

dc.contributor.advisorNurhayati, Popong
dc.contributor.authorWahyudi, Iman
dc.date.accessioned2012-02-02T07:11:29Z
dc.date.available2012-02-02T07:11:29Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53161
dc.description.abstractSetiap manusia memiliki kebutuhan hidupnya masing-masing. Salah satunya adalah kebutuhan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman untuk bertahan hidup. Makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Kehidupan masyarakat di ibukota DKI Jakarta dalam perkembangannya semakin modern. Kesibukan, perubahan gaya hidup dan mobilitas yang tinggi diantara masyarakat, menjadi faktor pendorong meningkatnya konsumsi makanan di luar rumah. Selain itu, masyarakat Jakarta saat ini memerlukan konsep restoran yang tidak hanya menyajikan makanan dan minuman, tetapi juga menyajikan suatu keunikan dan entertainment di dalamnya. Strawberry Café beroperasi pada tahun 2004. Restoran ini merupakan restoran yang memiliki konsep full entertainment (hiburan). Strawberry Cafe menyajikan berbagai makanan dan minuman yang semuanya berbahan dasar dari buah strawberry. Segmentasi utama restoran ini ditujukan untuk keluarga dan kalangan muda. Keberhasilan dan keberlangsungan restoran ini tergantung pada tingkat kepuasan konsumen yang datang dan sudah melakukan aktifitas konsumsi di sana. Hal ini penting karena Strawberry Cafe bukan saja menjual makanan dan minuman, tapi juga menyediakan berbagai permainan dan hiburan yang menjadi keunikan tersendiri. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui karakteristik konsumen yang datang ke Strawberry Cafe, (2) melihat proses keputusan pembelian konsumen Strawberry Cafe, (3) menganalisis tingkat kepuasan konsumen Strawberry Cafe dan memberikan rekomendasi kepada Strawberry Cafe terkait dengan peningkatan kinerja. Penelitian ini dilaksanakan di Strawberry Café yang berlokasi di Jalan Gandaria 1 No.75 Jakarta Selatan. Alasan utama memilih Strawberry Café adalah karena konsep dan makanan yang ditawarkan berbeda dibandingkan dengan restoran-restoran yang ada baik di Jakarta maupun di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2011. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan sekunder. Pengumpulan sampling data yang dilakukan menggunakan teknik convenience sampling. Sampel berjumlah 50 orang dimana syarat responden ditentukan peneliti yaitu pernah datang dan melakukan kegiatan pembelian di Strawberry Cafe minimal satu kali. Pada pra penelitian dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan responden berjumlah 20 orang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan konsep entertainment di Strawberry Cafe menjadi faktor utama pengunjung yang datang oleh pengunjung dengan usia dibawah 30 tahun, sesuai dengan segmentasi yang diharapkan yaitu kalangan iii muda dan remaja. Konsumen yang datang umumnya berasal dari wilayah Jakarta dan Tangerang dengan mayoritas menggunakan mobil pribadi. Pekerjaan terbesar yang datang ke Strawberry Cafe adalah pelajar dan mahasiswa sehingga dapat dilihat dari tingkat pendidikan terakhirnya yang rata-rata adalah sekolah menengah atas (SMA). Rata-rata uang saku konsumen muda Strawberry Cafe yaitu Rp 1.000.000 - Rp 2.000.000. Proses keputusan konsumen dikategorikan sebagai pemecahan masalah jajaran tengah (PMJT). Konsumen Strawberry Cafe termasuk dalam PJMT karena keputusan pembeliannya tidak dapat dikotak-kotakkan secara rapi. Pemilihan Strawberry Cafe didasarkan oleh pencarian informasi yang berasal dari media dan rekan yang sudah pernah melakukan kegiatan pembelian. PJMT dapat diselesaikan secara cepat tanpa pertimbangan mendalam. Tahap awal yaitu tahap pengenalan kebutuhan, mayoritas konsumen mengenal Strawberry Cafe sebagai restoran yang menyediakan free board games dengan konsep full entertainment. Alasan konsumen utamanya lebih menginginkan permainan yang ditawarkan. Tahap pencarian informasi, sumber informasi berasal dari teman dan orang-orang terdekat. Hal ini umumnya dikenal dengan penyampaian informasi dari mulut ke mulut (mouth to mouth). Bentuk kedatangan ke Strawberry Cafe sebagian besar adalah bersama teman dan kerabat. Serabi ice cream strawberry, strawberry float, strawberry volcano dan jumanji merupakan makanan, minuman dan mainan favorit konsumen. Tahap evaluasi alternatif, konsumen menilai alasan utama dalam pertimbangan memilih restoran adalah cita rasa hidangan dan Strawberry Cafe sudah melakukan dengan sesuai. Tahap keputusan pembelian, mayoritas konsumen datang ke Strawberry Cafe secara terencana dan pada hari libur. Rata-rata pengeluaran dalam melakukan kegiatan konsumsi adalah Rp 50.000-Rp 100.000. Tahap pasca pembelian, seluruh konsumen mengatakan puas dan akan melakukan pembelian ulang di kemudian hari. Berdasarkan hasil analisis berdasarkan Importance Performance Analysis (IPA) atribut yang terdapat pada kuadran I adalah harga produk, pemberian diskon, kecepatan penyajian dan fasilitas yang disediakan. Kuadran II adalah cita rasa hidangan, lokasi restoran, keberagaman board games, keramahan dan pelayanan pramusaji, pelayanan restoran, kenyamanan restoran dan kebersihan restoran. Kuadran III adalah promosi media dan areal parkir. Kuadran IV adalah variasi menu, tampilan hidangan, penampilan pramusaji dan arsitektur ruangan. Sementara nilai pada Customer Satisfaction Index (CSI) adalah 80,81 %. Dilihat dari indeks kepuasan konsumen, maka dapat dikatakan konsumen yang datang ke Strawberry Café untuk seluruh atribut yang diuji masuk dalam kategori sangat puas (80 % < CSI ≤ 100%)en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Tingkat Kepuasan Konsumen di Strawberry Cafe Jakartaen


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record