Show simple item record

dc.contributor.authorAzimar, Umi
dc.date.accessioned2011-05-04T02:54:06Z
dc.date.available2011-05-04T02:54:06Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/44771
dc.description.abstractPenelitian ini mengambil judul “Hubungan Iklan Melalui Media Televisi Terhadap Konsumsi Makanan Ringan Anak Sekolah Dasar (Kasus : SD Islam Al Azhar 01 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan)”. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengidentifikasi makanan ringan yang paling disukai untuk dikonsumsi oleh murid- murid SD yang diiklankan melalui televisi, mengidentifikasi pola dan perilaku murid- murid SD dalam menonton televisi, serta menganalisis sejauh mana pengaruh iklan makanan ringan di televisi terhadap konsumsi murid- murid SD Islam Al Azhar 01. Dari hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan informasi dan masukan bagi berbagai pihak yang berkepentingan. Bagi masyarakat pada umumnya dan keluarga pada khususnya, diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai konsumsi anak akibat menonton iklan melalui televisi. Serta kebiasaan anak menonton televisi yang harus dikontrol oleh para orang tua. Disamping itu para pengiklan makanan ringan dengan pangsa pasar anak-anak, juga mandapatkan masukan mengenai cara meningkatkan pemasaran dengan mengarahkan kepada perbaikan gizi. Bagi pihak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) khususnya yang bergerak di bidang anak-anak , penelitian ini dapat dijadikan bahan rekomendasi, untuk dapat memantau iklan mengenai makanan ringan. Data dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuisioner yang diisi oleh responden. Sedangkan data sekunder diperoleh dari pustaka-pustaka yang tersedia pada instansi- instansi terkait dengan topik penelitian ini antara lain perpustakaan IPB, serta literatur- literatur yang relevan dan beberapa situs internet. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Pemilihan contoh dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pola dan perilaku menonton televisi diketahui dengan melihat pilihan waktu menonton, program acara, stasiun televisi yang ditonton, serta pendampingan orang tua dalam menonton televisi setiap hari. Kemudian data ini ditabulasi dan dianalisis secara statistik. Untuk melihat adanya hubungan tingkat kesukaan terhadap iklan dan produk makanan ringan dengan total konsumsi, dilakukan analisis uji korelasi Spearman. Makanan ringan yang digemari oleh responden berdasarkan rasanya adalah Chetos, Silverqueen, Tango, Oreo, Kacang Garuda dan Biskuat. Makanan ringan yang disukai berdasarkan kemasannya adalah Kacang Garuda, Silverqueen, Chetos, Taro, Marie Regal, Tango. Hadiah yang terdapat di dalam kemasan yang disukai adalah Taro, Silverqueen, Chetos dan Tango. Kemudian berdasarkan aromanya adalah Tango, Silverqueen, Chetos, Kacang Garuda, Taro, dan Biskuat.en
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.subjectIklan sebagai alat bantu pemasaran, Perilaku konsumen, Makanan ringan, TVen
dc.titleHubungan iklan melalui media televisi dengan konsumen makanan ringan anak sekolah dasar: kasus SD Islam Al Azhar 01 Kebayoran Baru,Jakarta Selatanen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record