Show simple item record

dc.contributor.authorGumilar, Restu
dc.date.accessioned2010-04-07T07:37:34Z
dc.date.available2010-04-07T07:37:34Z
dc.date.issued2008
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/3161
dc.description.abstractKabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu daerah yang struktur perekonomiannya didominasi sektor pertanian. Salah satu komoditas pertanian yang banyak diusahakan masyarakatnya adalah buah salak, dan Desa Cikondang merupakan salah satu daerah sentra produksi salak tersebut. Berdasarkan studi pendahuluan di lokasi penelitian, permasalahan yang dihadapi dalam mengusahakan komoditas salak adalah tidak konsistennya jumlah pasokan, maupun ukuran buah salak yang dihasilkan. Selain itu harga yang diterima petani secara umum relatif rendah, berkisar antara Rp 300,- sampai dengan Rp 500,- per kilogram, dengan penetapan harga sepihak oleh pedagang perantara. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menganalisis saluran pemasaran dan peran lembagalembaga pemasaran yang terlibat dalam sistem pemasaran buah salak; (2) Menganalisis struktur dan perilaku pasar yang terjadi pada pemasaran salak; (3) Menganalisis efisiensi dari sistem pemasaran buah salak tersebut.
dc.publisherIPB
dc.titleAnalisis pemasaran salak (kasus di desa Cikondang, kecamatan Cineam, kabupaten Tasikmalaya, propinsi Jawa Barat)id


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record