View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - School of Data Science, Mathematic and Informatics
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - School of Data Science, Mathematic and Informatics
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Sentimen dan Pemodelan Topik pada Saran EPBM IPB Menggunakan CNN dan BERTopic

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (1.910Mb)
      Fulltext (2.108Mb)
      Lampiran (621.1Kb)
      Date
      2025
      Author
      Safrina, Azwa
      Sitanggang, Imas Sukaesih
      Mushthofa
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Saran mahasiswa dalam Evaluasi Proses Pembelajaran (EPBM) di Universitas IPB mengandung wawasan berharga untuk meningkatkan kualitas akademik. Namun, volume data yang besar dan konten yang beragam membuat analisis manual menjadi tidak efisien dan rentan terhadap bias. Masalah utama terletak pada kebutuhan untuk secara otomatis dan akurat mengklasifikasikan sentimen serta mengidentifikasi topik kunci dari data. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan klasifikasi sentimen dan pemodelan topik untuk saran EPBM. Data terdiri dari umpan balik mahasiswa yang dikumpulkan dari tahun akademik 2022/2023 hingga 2024/2025 melalui Portal Mahasiswa IPB. Tahapan praproses meliputi pembersihan data, case folding, tokenization, normalization, dan penghapusan stopword. Setelah pelabelan manual, data dibagi menjadi tiga kelas sentimen, yaitu positif (1.184 teks), negatif (515 teks), dan netral (521 teks). Data kemudian dibagi menjadi data pelatihan, validasi, dan pengujian, serta diseimbangkan menggunakan Random Oversampling. Representasi kata dilakukan menggunakan contextual embeddings yang dihasilkan oleh IndoBERT sebagai inputan awal pada Convolutional Neural Network (CNN). Saran EPBM dapat mengandung kalimat yang sangat panjang karena itu perpaduan IndoBERT dengan teknik convolutional dapat menghasilkan representasi yang representatif dari kalimat panjang tersebut. Penelitian ini menggunakan arsitektur Parallel CNN dengan dua kali lapisan konvolusional untuk klasifikasi sentimen. Pemodelan topik dilakukan menggunakan BERTopic untuk mengekstrak tema dominan dari saran positif dan negatif. Berdasarkan hasil pengujian, Parallel CNN dapat mengklasifikasikan sentimen pada saran EPBM dengan sangat baik, yaitu mencapai akurasi tertinggi sebesar 96% yang menunjukkan generalisasi yang sangat baik di semua kategori sentimen. BERTopic mengidentifikasi empat topik utama dari 1.709 saran negatif dan empat topik dari 3.506 saran positif dengan skor masing-masing 0,4145 dan 0,4945. Topik yang diekstraksi mencerminkan harapan mahasiswa akan pembelajaran yang komunikatif, menarik, dan efektif didukung oleh penyampaian informasi yang jelas dan infrastruktur teknis yang kokoh. Penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi CNN dan BERTopic menyediakan pendekatan efisien dan informatif untuk menganalisis saran mahasiswa, menawarkan wawasan berbasis data untuk perbaikan akademik.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171740
      Collections
      • MT - School of Data Science, Mathematic and Informatics [74]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository