Strategi Pemasaran Produk Akaru Healing Oil Pada CV Malaika Lama Kini Jaya di Lombok
Abstract
CV Malaika Lama Kini Jaya merupakan perusahaan yang memproduksi Akaru Healing Oil berbahan herbal dan organik. Saat ini, perusahaan menghadapi penjualan B2C yang fluktuatif karena strategi pemasaran belum optimal. Oleh karena itu perlu untuk merumuskan strategi pemasaran agar perusahaan dapat menjaga keberlanjutan bisnis. Tujuan penelitian adalah menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kegiatan pemasaran, merumuskan alternatif strategi pemasaran, dan menetapkan prioritas strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis tiga tahap formulasi strategi, meliputi analisis Matriks IFE dan EFE, Matriks IE dan SWOT, juga QSPM. Prioritas strategi utama berdasarkan hasil QSPM adalah mempertahankan kualitas produk sekaligus berinovasi dengan varian baru yang sesuai preferensi budaya lokal dan tren pasar. Strategi ini bertujuan untuk memperluas segmen, menjaga loyalitas konsumen, serta meningkatkan brand image agar perusahaan dapat tumbuh berkelanjutan di tengah persaingan. CV Malaika Lama Kini Jaya is a company that produces Akaru Healing Oil made from herbal and organic ingredients. Currently, the company faces fluctuating B2C sales due to suboptimal marketing strategies, thus requiring the formulation of effective marketing strategies to ensure business sustainability. This research aims to analyze internal and external factors influencing marketing activities, formulate alternative strategies, and determine the priority strategy for the company. Using descriptive analysis and the three stage strategy formulation framework comprising the IFE and EFE Matrix, the IE and SWOT Matrix, and QSPM. Study identifies the main priority strategy as maintaining product quality while innovating with new variants that reflect local cultural preferences and market trends. This strategy is expected to expand market segments, maintain customer loyalty, and enhance brand image, enabling the company to achieve sustainable growth amidst competition.
Collections
- UT - Agribusiness [4766]
