Pengaruh Sikap Subjective Norm Perilaku serta Media Sosial dan FOMO terhadap Intensi Berinvestasi Saham Syariah di Jabodetabek
Abstract
Sejak tahun 2020, investasi melalui pasar modal di Indonesia mengalami peningkatan namun secara jumlah maupun secara nilai investor syariah masih kecil. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, media sosial, dan fear of missing out (FOMO) terhadap intensi berinvestasi saham syariah pada Generasi Y dan Z di Jabodetabek. Penelitian ini melibatkan 200 responden generasi Y dan Z dan dianalisis dengan Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa semua variabel dalam penelitian ini yang diturunkan dari Theory of Planned Behavior yakni pengaruh sikap, norma subjektif, kontrol perilaku, ditambah pengaruh media sosial dan fear of missing out berpengaruh positif signifikan terhadap intensi investasi saham syariah. Implikasi praktis penelitian ini dapat menjadi dasar bagi regulator, pelaku pasar, dan edukator keuangan syariah untuk meningkatkan literasi dan minat investasi syariah
Collections
- UT - Syariah Economic [556]
