| dc.contributor.advisor | Hermadi, Irman | |
| dc.contributor.advisor | Ratono, Joko | |
| dc.contributor.author | Manalu, Lufebrina Dorma Uli | |
| dc.date.accessioned | 2025-08-07T10:33:03Z | |
| dc.date.available | 2025-08-07T10:33:03Z | |
| dc.date.issued | 2019 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168151 | |
| dc.description.abstract | Perekonomian Indonesia didominasi oleh kelompok UKM. Menurut
Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (2017) bahwa hanya 8
persen UKM memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Toko
Laurike adalah salah satu anggota UKM Pemerintah Kabupaten Bogor. Toko
Laurike adalah produsen minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO)
dan menjual produknya melalui e-marketplace, yaitu Tokopedia, Bukalapak dan
Elevenia. Diantara pasar elektronik tersebut, penjualan melalui Tokopedia adalah
yang terbanyak dibanding kedua lainnya. Perbedaan tersebut mungkin disebabkan
oleh faktor desain, sistem keamanan, kemudahan penggunaan atau persepsi
manfaat dari Tokopedia. Oleh karena itu, perlu mengkaji faktor-faktor yang
menentukan seseorang berniat menggunakan Tokopedia dalam berbelanja produk
UKM agribisnis berbentuk cair dan gel. Alat analisis data yang digunakan adalah
structural equation modeling - partial least squares (SEM-PLS) yang disusun
berdasarkan stimulus theoretical framework technology acceptance model (STFTAM).
Model penerimaan teknologi STF-TAM terdiri dari variabel Kemudahan
Penggunaan, Keyakinan Manfaat, Niat Penggunaan. Dalam STF-TAM ditemukan
2 faktor yang menstimulus niat seseorang untuk menggunakan aplikasi. Faktor
stimulus tersebut dilihat dari fitur dan kemampuan sistem. Faktor stimulus ini
dianggap dapat memotivasi penggunaan aplikasi. Kedua faktor stimulus tersebut
adalah desain dan keamanan. Maka dalam penelitian ini adalah dianalisis pola
hubungan desain dan keamanan terhadap kemudahan penggunaan dan keyakinan
manfaat. Di samping itu, untuk menganalisis kontribusi keamanan, kemudahan
penggunaan dan keyakinan manfaat terhadap niat penggunaan Tokopedia.
Penelitian dilaksanakan dengan melibatkan pengguna Tokopedia yang
pernah berbelanja produk agribisnis pangan berbentuk cair dan gel. Data
responden terkumpul sebanyak 71. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kemudahan penggunaan merupakan faktor yang memiliki pengaruh yang paling
besar diantara faktor lainnya. Faktor desain dan rancangan berpengaruh signifikan
terhadap kemudahan penggunaan. Faktor keamanan berpengaruh terhadap
keyakinan manfaat namun berbeda dengan desain yang tidak berpengaruh. Faktor
Keamanan tidak berkontribusi secara langsung terhadap niat penggunaan
Tokopedia namun melalui kemudahan penggunaan dan keyakinan manfaat.
Penemuan faktor dari niat penggunaan Tokopedia ini akan digunakan untuk
membangun toko online Laurike. | |
| dc.publisher | IPB University | id |
| dc.subject.ddc | Manajemen Sistem Informasi | id |
| dc.title | Kajian Determinan Niat Penggunaan Tokopedia Untuk Berbelanja Produk Ukm Agribisnis (Studi Kasus: Toko Laurike) | id |
| dc.subject.keyword | Model Penerimaan Teknologi | id |
| dc.subject.keyword | Structural Equation Modelling Partial Least Squares (Sem-Pls) | id |
| dc.subject.keyword | Toko Online | id |
| dc.subject.keyword | Tokopedia | id |
| dc.subject.keyword | Usaha Kecil Menegah (Ukm) | id |
| dc.subject.keyword | Stimulus Theoretical Technology Acceptance Model (Stf-Tam) | id |