| dc.description.abstract | Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) merupakan pengelola pasar
tradisional yang ada di Kota Bogor. Hadirnya industri ritel modern, adanya stigma
masyarakat, serta berbagai permasalahan menyebabkan sulitnya pasar tradisional
untuk berkembang. PD Pasar Pakuan Jaya memiliki rencana dan target dalam
mengembangkan pasar tradisional yang dikelolanya dan untuk menghadapi
permasalahan yang ada. Akan tetapi hal tersebut belum berjalan secara maksimal
karena adanya berbagai kendala. PD Pasar Pakuan Jaya perlu melakukan kajian
yang lebih mendalam sebagai pertimbangan dalam strategi pengembangan
pengelolaan pasar, khususnya sebagai upaya peningkatan pendapatan perusahaan
yang akan berpengaruh bagi pendapatan asli daerah. Salah satunya dengan
menggunakan pendekatan model bisnis kanvas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan model
bisnis kanvas PD Pasar Pakuan Jaya saat ini, mengevaluasi elemen model bisnis
dengan analisis strength, weakness, opportunity, dan threat (SWOT), serta
membuat desain pengembangan model bisnis kanvas. Selain itu, dilakukan
penelitian pandangan pedagang dan pembeli terhadap layanan yang diberikan oleh
PDPPJ, serta analisis benchmarking. Hasil kedua analisis tersebut digunakan
sebagai data pendukung dalam membuat desain strategi pengembangan model
bisnis kanvas di PD Pasar Pakuan Jaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PD Pasar Pakuan Jaya perlu
memberikan perhatian khusus pada tiap-tiap elemen model bisnisnya, terutama
pada elemen key activities dan key resources. PDPPJ dapat memanfaatkan
peluang yang ada untuk meningkatkan kualitas layanannya sesuai dengan
kebutuhan pelanggan. Pemanfaatan sumber daya manusia yang kompeten,
penciptaan infrastruktur yang modern dan terkonsep, serta pemanfaatan teknologi
akan meningkatkan kualitas dari PDPPJ, baik dalam layanan dan hubungan
dengan pelanggan. Hasil penelitian dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh
perusahaan dalam merumuskan strategi pengembangan pengelolaan pasar
tradisional yang sesuai dengan visi misi perusahaan. | |