Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Kedai Corner Coffee Di Langsa
View/ Open
Date
2019Author
Arismunandar, T Maureza
Hartoyo
Krisnatuti, Diah
Metadata
Show full item recordAbstract
Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak diminati oleh berbagai
kalangan masyarakat, oleh karenanya tingkat konsumsi kopi di Indonesia terus
meningkat dari tahun ke tahun. Kenaikan tingkat konsumsi kopi menjadikan
peluang bisnis kedai kopi semakin luas dengan banyaknya ditemukan kedai kopi
baik itu kedai kopi lokal maupun gerai kopi asing. Kota Langsa merupakan salah
satu daerah di Aceh yang banyak terdapat kedai kopi. Coffee Corner adalah kedai
kopi pertama di Kota Langsa yang menggabungkan aspek tradisional dan modern
di dalam penyajiannya. Banyaknya variasi kedai kopi sejenis yang bermunculan,
menjadi pesaing bagi kedai Corner Coffee sehingga menyebabkan penghasilan
Kedai kopi mengalami penurunan, hal ini tentunya akan mengancam
keberlanjutan bisnis Kedai kopi, Oleh sebab itu Corner Coffee perlu menciptakan
strategi yang dapat membuat kepuasan dan mampu membentuk loyalitas
konsumen.
Experiental marketing adalah salah strategi marketing yang dapat
membentuk kepuasan serta loyalitas konsumen melalui lima dimensi yaitu sense,
feel, think, act, dan relate. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh dari
Experiental marketing terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen kedai Corner
Coffee. Penelitian ini dilakukan di kedai Corner Coffee yang beralamat di Jalan
Ahmad Yani, Kota Langsa, Aceh. Pengambilan data dilakukan pada bulan
September tahun 2017. Penentuan responden dilakukan menggunakan teknik
accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 180 responden dengan
kriteria yang dapat menjadi responden adalah minimal berumur 17tahun dan
bersedia menjadi responden dengan mengisi pernyataan didalam kuisioner. Data
yang didapat, kemudian diolah menggunakan Struktural Equation Modelling
(SEM).
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh hasil bahwa konsumen yang
sering berada di kedai Corner Coffee mayoritas adalah pria dengan rentang usia
18 - 30 tahun yaitu sebanyak 159 (88%) dengan tingkat pendidikan yang dimiliki
mayoritas responden adalah sarjana sebanyak 120 orang responden (67%).
Beragam pekerjaan yang dimiliki oleh responden. Sebanyak 54 orang responden
(30%) memiliki profesi sebagai wirausaha dan sebanyak 43 orang responden
(24%) masih berstatus mahasiswa. Penghasilan perbulan yang banyak dimiliki
sebagian responden adalah sebesar ≤ Rp 2.500.000 yaitu sebanyak 85 orang
responden (47%).
Sebanyak 69 orang responden (38%) mengunjungi kedai Corner Coffee
dengan frekuensi 2-3x seminggu baik hari kerja dan hari libur. Mayoritas
responden sebanyak 164 orang (91%) menikmati kopi di kedai Corner Coffee
bersama dengan temannya sambil mengobrol santai. Menu yang sering dipesan
adalah kopi hitam dan kopi susu. Pengeluaran responden untuk sekali menikmati
kopi berkisar antara Rp 10.000 – Rp 15.000.
Bisnis kedai kopi merupakan salah satu bisnis dengan daya persaingan yang
cukup tinggi karena terdapat banyak kedai kopi sejenis dengan variasi yang Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak diminati oleh berbagai
kalangan masyarakat, oleh karenanya tingkat konsumsi kopi di Indonesia terus
meningkat dari tahun ke tahun. Kenaikan tingkat konsumsi kopi menjadikan
peluang bisnis kedai kopi semakin luas dengan banyaknya ditemukan kedai kopi
baik itu kedai kopi lokal maupun gerai kopi asing. Kota Langsa merupakan salah
satu daerah di Aceh yang banyak terdapat kedai kopi. Coffee Corner adalah kedai
kopi pertama di Kota Langsa yang menggabungkan aspek tradisional dan modern
di dalam penyajiannya. Banyaknya variasi kedai kopi sejenis yang bermunculan,
menjadi pesaing bagi kedai Corner Coffee sehingga menyebabkan penghasilan
Kedai kopi mengalami penurunan, hal ini tentunya akan mengancam
keberlanjutan bisnis Kedai kopi, Oleh sebab itu Corner Coffee perlu menciptakan
strategi yang dapat membuat kepuasan dan mampu membentuk loyalitas
konsumen.
Experiental marketing adalah salah strategi marketing yang dapat
membentuk kepuasan serta loyalitas konsumen melalui lima dimensi yaitu sense,
feel, think, act, dan relate. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh dari
Experiental marketing terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen kedai Corner
Coffee. Penelitian ini dilakukan di kedai Corner Coffee yang beralamat di Jalan
Ahmad Yani, Kota Langsa, Aceh. Pengambilan data dilakukan pada bulan
September tahun 2017. Penentuan responden dilakukan menggunakan teknik
accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 180 responden dengan
kriteria yang dapat menjadi responden adalah minimal berumur 17tahun dan
bersedia menjadi responden dengan mengisi pernyataan didalam kuisioner. Data
yang didapat, kemudian diolah menggunakan Struktural Equation Modelling
(SEM).
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh hasil bahwa konsumen yang
sering berada di kedai Corner Coffee mayoritas adalah pria dengan rentang usia
18 - 30 tahun yaitu sebanyak 159 (88%) dengan tingkat pendidikan yang dimiliki
mayoritas responden adalah sarjana sebanyak 120 orang responden (67%).
Beragam pekerjaan yang dimiliki oleh responden. Sebanyak 54 orang responden
(30%) memiliki profesi sebagai wirausaha dan sebanyak 43 orang responden
(24%) masih berstatus mahasiswa. Penghasilan perbulan yang banyak dimiliki
sebagian responden adalah sebesar ≤ Rp 2.500.000 yaitu sebanyak 85 orang
responden (47%).
Sebanyak 69 orang responden (38%) mengunjungi kedai Corner Coffee
dengan frekuensi 2-3x seminggu baik hari kerja dan hari libur. Mayoritas
responden sebanyak 164 orang (91%) menikmati kopi di kedai Corner Coffee
bersama dengan temannya sambil mengobrol santai. Menu yang sering dipesan
adalah kopi hitam dan kopi susu. Pengeluaran responden untuk sekali menikmati
kopi berkisar antara Rp 10.000 – Rp 15.000.
Bisnis kedai kopi merupakan salah satu bisnis dengan daya persaingan yang
cukup tinggi karena terdapat banyak kedai kopi sejenis dengan ...dst.
Collections
- MT - Business [4046]
