Show simple item record

dc.contributor.advisorHermadi, Irman
dc.contributor.advisorRatono, Joko
dc.contributor.authorDewantoro, Bayu
dc.date.accessioned2025-08-07T10:18:46Z
dc.date.available2025-08-07T10:18:46Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167973
dc.description.abstractSejalan dengan perkembangan Sistem Informasi serta pemanfaatannya dalam teknologi komunikasi, diperkenalkan suatu sistem komunikasi yang dapat terintegrasi dengan sistem informasi yaitu teknologi komunikasi yang berbasis IP. IP PBX atau Internet Protocol Private Branch Exchange adalah PABX yang menggunakan teknologi IP (Internet Protocol). PT. Grundfos Indonesia ialah sebuah perusahaan yang sudah mengimplementasikan sistem komunikasi IP PBX beserta fasilitas yang dibutuhkan seperti : Voice mail, Voice Conference, Video Conference, Contact Center, serta fitur lain yang diaggap perlu dan sesuai dengan kebutuhan PT. Grundfos Indonesia. Sistem yang sudah diimplmentasikan, juga terintegrasi dengan salah satu aplikasi teknologi informasi yaitu Customer Relationship Management (Pengelola Hubungan Pelanggan). Seluruh integrasi sistem ini diberi nama 1Office. Latar belakang dari implementasi sistem 1Office dikarenakan mengikuti instruksi dari Grundfos pusat sebagai bagian dari penyeragaman sistem yang digunakan dan wajib diimplementasikan di seluruh perusahaan Grundfos yang mana kondisi lokal setiap negara memiliki perbedaan seperti: budaya kerja, kedewasaan dari pengguna, kualitas infrastruktur, dan bahasa yang digunakan. Dengan demikian dipandang perlu untuk dilakukan evaluasi yang menitik beratkan terhadap penerimaan dari pengguna di PT Grundfos Indonesia terhadap sistem 1Office. Penelitian ini menggunakan adaptasi dari model DeLone dan McLean yang merupakan model populer yang memfokuskan pada kesuksesan implementasi di tingkat organisasi. Model DeLone dan McLean memiliki 6 variabel pengukuran yaitu: kualitas layanan, kualitas sistem, kualitas informasi, penggunaan, kepuasan pengguna dan manfaat bersih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data, analisis data menggunakan SEM PLS (Structural Equation Modeling Partial Least Square) serta purposive sampling terhadap 60 pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif terhadap penggunaan dan kepuasan pengguna, kualitas sistem berpengaruh positif terhadap kepuasan bagi pengguna. Selanjutnya, kepuasan pengguna memberikan pengaruh positif terhadap manfaat bersih yang merupakan keefektifan dalam menggunakan sistem informasi dan dapat memberikan dampak terhadap grup pengguna, organisasi, pemasok serta pelanggan di PT. Grundfos Indonesia.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Informasi Sistemid
dc.titleEvaluasi Sistem Integrasi 1 Office Menggunakan Adaptasi Model Sukses Delone dan Mclean: (Studi Kasus Sistem 1 Office Di Pt Grundfos Indonesia)id
dc.subject.keywordDelone Dan Mclean Modelid
dc.subject.keywordGrundfos Indonesiaid
dc.subject.keywordSap Crmid
dc.subject.keywordSkype For Businessid
dc.subject.keywordTrio Enterpriseid
dc.subject.keyword1Officeid
dc.subject.keywordSemid
dc.subject.keywordPlsid
dc.subject.keywordPorposive Samplingid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record