Show simple item record

dc.contributor.advisorSuroso, Arif Imam
dc.contributor.advisorRatono, Joko
dc.contributor.authorMahdi, Muhammad
dc.date.accessioned2025-08-07T10:18:16Z
dc.date.available2025-08-07T10:18:16Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167966
dc.description.abstractPerkembangan teknologi semakin pesat, namun tidak selamanya disambut dengan baik oleh semua orang. Kesiapan dalam menerima kemajuan teknologi menjadi penting untuk mendukung aktifitas sehari-hari. Di Indonesia juga pengguna internet mengalami peningkatan. Pesatnya pengguna internet mendorong perusahaan untuk melakukan implementasi internet pada proses bisnis perusahaan. Gojek merupakan aplikasi transportasi yang telah berhasil menciptakan inovasi dalam dunia transportasi yang dapat diadopsi dengan cepat oleh masyarakat, proses penerimaan yang cepat mampu membuat perubahan dalam dunia transportasi, sehingga menarik untuk diteliti apa yang menyebabkan Gojek dapat diterima oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang mempertanyakan hubungan antara faktor manfaat yang dirasakan, persepsi kemudahan penggunaan, self efficacy, status sosial ekonomi, cuaca, budaya dan sikap terhadap niat untuk menggunakan aplikasi, dengan menggunakan extended technology acceptance model dan pemodelan persamaan struktural, karena dengan menggunakannya kita dapat mengetahui variabel baru yang dapat mendorong penggunaan aplikasi dan hubungannya satu sama lain. Penelitian ini memilih lokasi di 5 universitas kota Bogor. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling dan simple random sampling. Cluster sampling dilakukan untuk menentukan perguruan tinggi yang diharapkan mewakili perguruan tinggi di Bogor kemudian pada masing-masing perguruan tinggi yang terpilih dilakukan simple random sampling dimana pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga seluruh anggota mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap memiliki pengaruh 93% terhadap niat menggunakan variabel aplikasi dan sikap hanya dipengaruhi oleh satu variabel yaitu persepsi akan kemudahan penggunaan sebesar 73%, variabel persepsi akan kemudan tersebut dipengaruhi oleh dua variabel yaitu self efficacy sebesar 62% dan status sosial ekonomi sebesar 59%. Sehingga dari hasil tersebut maka aplikasi perlu memperhatikan aspek kemudahan dalam menggunakan suatu aplikasi baik dari sisi teknis maupun sisi ekonomis.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Sistem Informasiid
dc.titleAnalisis Model Perilaku Niat Penggunaan E-Commerce Go-Jekid
dc.subject.keywordAplikasiid
dc.subject.keywordExtended Tamid
dc.subject.keywordGojekid
dc.subject.keywordInovasiid
dc.subject.keywordTeknologiid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record