| dc.description.abstract | Salah satu sektor usaha yang sedang tumbuh secara signifikan di Indonesia
adalah usaha travel umroh. PT XYZ merupakan sebuah travel umroh yang turut
memiliki potensi untuk tumbuh secara signifikan apabila mengetahui faktor-faktor
yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Namun hingga saat ini pengukuran
kinerja PT XYZ masih berfokus pada tingkat penjualan tanpa melibatkan faktor
lainnya. Balanced scorecard merupakan pendekatan lain yang dapat digunakan
untuk mengukur kinerja PT XYZ, dengan mengukur kinerja dari beberapa
perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses
bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Penelitian ini bertujuan mencari perspektif, menentukan sasaran strategi,
menentukan peta strategi, menentukan key performance indicator, dan
menentukan balanced scorecard yang sesuai untuk PT XYZ. Penelitian
dilaksanakan di Bogor pada bulan September 2016 - Mei 2017. Data yang
digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui
kuesioner dan wawancara terhadap beberapa narasumber dan pihak-pihak yang
terkait. Sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui studi pustaka. Pengolahan
dan analisis data melalui studi literatur, focus grup discussion, wawancara
mendalam, analytical hierarchy process (AHP).
Hasil penelitian merumuskan dua puluh tiga sasaran strategi dari empat
perspektif balanced scorecard yang kemudian menjadi hubungan sebab akibat
dalam peta strategi, dua puluh tujuh key performance indicator untuk mengukur
kinerja pada PT XYZ. Dari pendapat pemilik modal, perspektif keuangan
merupakan perspektif dengan tingkat prioritas tertinggi. Hal ini menandakan
bahwa finansial memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan kinerja PT
XYZ. | |