Faktor-Faktor Kunci Keberhasilan Bisnis Yogurt Di Indonesia Kasus Pt Yummy Food Utama
View/ Open
Date
2016Author
Rachman, Indana Saramita
Hubeis, Aida Vitayala S
Motik, Suryani Sidik F
Metadata
Show full item recordAbstract
Bisnis pengolahan susu merupakan salah satu industri yang mempunyai
peluang yang cukup baik di Indonesia. PT Yummy Food Utama (Yummy)
merupakan salah satu industri pengolahan susu terbesar di DKI Jakarta dengan
jenis produk yogurt yang berhasil melakukan peningkatan penjualan produk
sebesar 73 persen pada tahun 2008 dibandingkan pada tahun 2007. Meningkatnya
masyarakat kelas menengah dengan pendapatan yang semakin membaik di
Indonesia membuat produk susu olahan seperti yogurt menjadi bagian dari gaya
hidup. Penelitian in bertujuan untuk menganalisis faktor kunci keberhasilan dari
bisnis yogurt dan merumuskan strategi untuk meningkatkan brand loyalty dan
customer satisfaction pada PT Yummy Food Utama.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif
dalam bentuk studi kasus pada PT Yummy Food Utama dengan menggunakan
analisis deskriptif, kerangka PESTEL dan Porter’s five forces. Analisis deskriptif
dilakukan untuk menggambarkan kondisi umum lokasi penelitian, identifikasi
lingkungan internal dan eksternal serta faktor-faktor yang mendukung untuk
analisis data selanjutnya. Analisis ini dilakukan untuk menganalisis hubungan
perilaku pentingnya mengkonsumsi yogurt, aksesibilitas produk dan akseptabilitas
produk terhadap brand loyalty dan customer satisfaction. Sedangkan kerangka
PESTEL dan Porter’s Five Forces digunakan untuk memperoleh faktor kunci
keberhasilan bisnis yogurt di Indonesia. Kemudian hasil dari ketiga analisis
dikombinasi untuk merumuskan strategi dalam meningkatkan brand loyalty dan
customer satisfaction.
Hasil analisis kerangka PESTEL dan Porter’s five forces diperoleh faktor
kunci keberhasilan industri yogurt untuk dapat berhasil dalam industri pengolahan
susu khususnya dalam industri yogurt. Faktor kunci keberhasilan yang perlu
diperhatikan oleh PT Yummy Food Utama, yaitu: mempunyai produk dengan
kualitas yang lebih baik dari pesaing, mempunyai harga produk yang minimal
sama dengan pesaing, mempunyai sistem layanan pelanggan yang handal dalam
bentuk hotline gratis yang beroperasi 24 jam 7 hari, dan mempunyai media
promosi online. Dari hasil kombinasi analisis deskriptif, kerangka PESTEL dan
Porter’s five forces dapat diformulasikan strategi yang harus dilakukan oleh PT
Yummy Food Utama dalam meningkatkan brand loyalty dan customer
satisfaction adalah dengan menerapkan strategi cost leadership, diferensiasi, dan
focus yaitu dengan cara: memertahankan dan menjaga kualitas produk,
mengedukasi masyarakat dan mendeliver manfaat akan pentingnya
mengkonsumsi yogurt, meningkatkan popularitas produk melalui media promosi
elektronik (media sosial, iklan di televisi), membangun komunikasi dengan
konsumen, membuka hotline gratis 24 jam 7 hari dan memperbanyak varian rasa
produk.
Collections
- MT - Business [4046]
