Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ritel Dalam Keputusan Pembelian Pelembut dan Pewangi Pakaian Kemasan Besar
View/ Open
Date
2015Author
Gultom, Donal Manguluhon
Yuliati, Lilik Noor
Najib, Mukhamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Peningkatan kelas sosial ekonomi berdampak pada perubahan perilaku
konsumen. Konsumen menggunakan deterjen untuk mencuci baju beberapa tahun
lalu, tetapi sudah mulai menggunakan pelembut dan pewangi pakaian sekarang.
Pelembut dan pewangi pakaian membuat pakaian lebih harum. Konsumen yang
menggunakan kemasan sachet sudah mulai menggunakan kemasan besar seperti
botol dan isi ulang. Hal ini dilakukan oleh perusahaan karena kemasan sachet
menghasilkan sampah yang lebih banyak sehingga menimbulkan pencemaran
lingkungan. Banyak produk pelembut dan pewangi pakaian kemasan besar di
pasar sehingga ritel harus mengambil keputusan untuk memilih produk yang tepat
untuk dijual. Keputusan ritel dalam melakukan pembelian dengan
mempertimbangkan faktor internal ritel dan faktor eksternal ritel, pengalaman
belanja dan pelayanan distributor. Penelitian ini diharapkan mampu menjelaskan
pengaruh faktor internal ritel, faktor eksternal ritel, pengalaman belanja dan
pelayanan distributor terhadap keputusan pembelian pelembut dan pewangi
pakaian kemasan besar.
Data primer dikumpulkan dengan cara mengisi kuisioner untuk produk
pelembut dan pewangi pakain kemasan besar di daerah Jakarta selatan. Responden
penelitian adalah ritel tipe kios dan minimarket. Responden dipilih dengan metode
probability sampling sebanyak 200 responden. Bentuk pertanyaan yang terdapat
dalam kuisioner adalah pertanyaan yang pilihan jawabannya telah ditentukan
sedangkan bentuk jawaban menggunakan skala likert 5 point (1 = sangat tidak
setuju sampai dengan 5=sangat setuju). Teknik pengolahan dan analisis data yang
digunakan dalam penilitian ini adalah strucutural equation medelling (SEM).Dari
200 responden diketahui 77% responden memiliki pengalaman belanja lebih dari
10 tahun. Seluruh responden telah belanja dan menjual pelembut dan pewangi
pakaian kemasan besar lebih dari 2 tahun.
Hasil hipotesa menunjukkan variabel faktor internal ritel, faktor eksternal
ritel, pengalaman belanja dan pelayanan distributor berpengaruh positif secara
signifikan terhadap keputusan pembelian produk kemasan besar. Peubah indikator
keuntungan memberikan kontribusi paling besar terhadap pembentukan laten
eksogen faktor internal. Peubah indikator ketersediaan produk di ritel pesaing dan
tren permintaan konsumen memberikan kontribusi paling besar terhadap
pembentukan laten eksogen faktor eksternal. Peubah indikator harga memberikan
kontribusi paling besar terhadap pembentukan laten eksogen pelayanan
distributor.
Collections
- MT - Business [4046]
