View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ritel Dalam Keputusan Pembelian Pelembut dan Pewangi Pakaian Kemasan Besar

      Thumbnail
      View/Open
      full text (1.485Mb)
      Date
      2015
      Author
      Gultom, Donal Manguluhon
      Yuliati, Lilik Noor
      Najib, Mukhamad
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Peningkatan kelas sosial ekonomi berdampak pada perubahan perilaku konsumen. Konsumen menggunakan deterjen untuk mencuci baju beberapa tahun lalu, tetapi sudah mulai menggunakan pelembut dan pewangi pakaian sekarang. Pelembut dan pewangi pakaian membuat pakaian lebih harum. Konsumen yang menggunakan kemasan sachet sudah mulai menggunakan kemasan besar seperti botol dan isi ulang. Hal ini dilakukan oleh perusahaan karena kemasan sachet menghasilkan sampah yang lebih banyak sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan. Banyak produk pelembut dan pewangi pakaian kemasan besar di pasar sehingga ritel harus mengambil keputusan untuk memilih produk yang tepat untuk dijual. Keputusan ritel dalam melakukan pembelian dengan mempertimbangkan faktor internal ritel dan faktor eksternal ritel, pengalaman belanja dan pelayanan distributor. Penelitian ini diharapkan mampu menjelaskan pengaruh faktor internal ritel, faktor eksternal ritel, pengalaman belanja dan pelayanan distributor terhadap keputusan pembelian pelembut dan pewangi pakaian kemasan besar. Data primer dikumpulkan dengan cara mengisi kuisioner untuk produk pelembut dan pewangi pakain kemasan besar di daerah Jakarta selatan. Responden penelitian adalah ritel tipe kios dan minimarket. Responden dipilih dengan metode probability sampling sebanyak 200 responden. Bentuk pertanyaan yang terdapat dalam kuisioner adalah pertanyaan yang pilihan jawabannya telah ditentukan sedangkan bentuk jawaban menggunakan skala likert 5 point (1 = sangat tidak setuju sampai dengan 5=sangat setuju). Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah strucutural equation medelling (SEM).Dari 200 responden diketahui 77% responden memiliki pengalaman belanja lebih dari 10 tahun. Seluruh responden telah belanja dan menjual pelembut dan pewangi pakaian kemasan besar lebih dari 2 tahun. Hasil hipotesa menunjukkan variabel faktor internal ritel, faktor eksternal ritel, pengalaman belanja dan pelayanan distributor berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk kemasan besar. Peubah indikator keuntungan memberikan kontribusi paling besar terhadap pembentukan laten eksogen faktor internal. Peubah indikator ketersediaan produk di ritel pesaing dan tren permintaan konsumen memberikan kontribusi paling besar terhadap pembentukan laten eksogen faktor eksternal. Peubah indikator harga memberikan kontribusi paling besar terhadap pembentukan laten eksogen pelayanan distributor.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167265
      Collections
      • MT - Business [4046]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository