Strategi Bersaing Prol Tape Ud.Primadona Jember Jawa Timur
View/ Open
Date
2014Author
Putra, Adetiya Pranada
Fahmi, Idqan
Wibisono, Yossi
Metadata
Show full item recordAbstract
Industri prol tape di Jember melibatkan banyak pemain sehingga intensitas
persaingan semakin tinggi. Untuk menjaga kepemimpinan pasar, prol tape
Primadona dituntut untuk meningkatkan dayasaingnya di tengah tekanan produk
pesaing dengan menyusun ulang strategi bersaingnya. Strategi disusun dengan
menganalisis lingkungan internal dan eksternal, analisis posisi persaingan, analisis
posisi perusahaan, dan mengkaji ulang strategi yang telah diterapkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi bersaing
sehingga dapat menjaga eksistensi prol tape Primadona. Penelitian menggunakan
pendekatan studi kasus dengan UD. Primadona sebagai objek penelitiannya. Data
dianalisis dengan pendekatan deskriptif untuk mengetahui kondisi internal dan
eksternal yang berpengaruh terhadap usaha prol tape Primadona kemudian
menggunakan analisis internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation
(EFE), competitive profile matrix (CPM), internal-external matrix (IE), strengthsweakness-opportunities-threats (SWOT), dan quantitative strategic planning
matrix (QSPM) untuk menyusun strategi bersaing prol tape Primadona.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi-strategi prioritas yang dapat
direkomendasikan kepada UD. Primadona yaitu (1) peningkatan kapasitas
produksi, (2) membuat situs web / blog untuk mempromosikan prol tape, (3)
melakukan penambahan varian prol tape, (4) pengendalian mutu yang ketat untuk
menjaga ekuitas merek yang kuat, dan (5) melakukan koordinasi dengan
pemerintah kabupaten Jember untuk menjadikan prol tape sebagai salah satu
produk unggulan.
Collections
- MT - Business [4046]
