Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penawaran Ekspor dan Harga Ekspor Gaharu Indonesia
View/ Open
Date
2014Author
Septiningrum, Diana
Siregar, Hermanto
Juanda, Bambang
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia memiliki keragaman pohon penghasil gaharu terbesar di dunia.
Produk gaharu yang diperjualbelikan mulai dari kayu, daun, ekstrak berupa
minyak gaharu sampai dengan ampas minyak yang digunakan sebagai bahan baku
dupa dalam upacara peribadatan. Gaharu telah lama menjadi bagian kultur budaya
masyarakat di beberapa negara. Potensi ini merupakan peluang bagi Indonesia
untuk terus meningkatkan ekspor gaharu sebagai komoditas yang ikut
menyumbang devisa negara. Gaharu merupakan komoditas Hasil Hutan Bukan
Kayu (HHBK) yang secara alamiah terbentuk dari infeksi tanaman pohon inang
(jenis Aquilara, Gyrinops dan Gonystylus), menghasilkan resin berwarna coklat
gelap atau hitam di bagian tengah sebagai bentuk respon pertahanan terhadap luka
yang disebabkan oleh serangga atau infeksi jamur. Tidak semua pohon penghasil
gaharu mengandung gaharu.
Gaharu bernilai tinggi karena memiliki aroma yang wangi. Tingginya
permintaan gaharu di pasar dunia dan harganya yang relatif tinggi menjadikan
aktifitas perburuan gaharu semakin tidak terkendali. Kelangkaan pohon penghasil
gaharu di alam ini dikhawatirkan akan terjadi kepunahan di alam, oleh sebab itu
pohon penghasil gaharu yang berada di alam masuk dalam Appendix II CITES
dan perdagangan gaharu yang berasal dari alam dibatasi kuota. Dalam usaha
memenuhi permintaan gaharu dunia dengan tetap menjaga keberadaan gaharu di
alam, pemerintah mulai menggalakkan untuk mulai menanam gaharu dan
mengembangkan teknologi gaharu budidaya melalui teknik inokulasi gaharu.
Melalui teknik ini, gaharu bisa dipanen dengan waktu yang lebih singkat
dibandingkan dengan pemanenan dari gaharu alam.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis faktor-faktor yang
memengaruhi penawaran ekspor gaharu di Indonesia ; (2) Menganalisis faktorfaktor yang memengaruhi harga ekspor gaharu di Indonesia ; (3) Merumuskan
kebijakan peningkatan ekspor gaharu Indonesia. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data sekunder berupa deret waktu selama tahun 2002-2013.
Model analisis yang digunakan adalah model persamaan simultan yang diduga
dengan metode Two Stages Least Squares (2SLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penawaran ekspor gaharu Indonesia
dipengaruhi oleh produksi gaharu, nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika, dan
dummy gaharu budidaya. Sedangkan faktor yang memengaruhi harga ekspor
gaharu Indonesia adalah produksi gaharu dan harga gaharu dunia dan nilai tukar
Rupiah terhadap dollar Amerika.
Collections
- MT - Business [4039]
