View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Simulasi Sistem Antrian Pembayaran Jasa Jalan Tol

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (37.88Mb)
      Date
      1996
      Author
      Saman
      Syamsun, Muhammad
      Notodiputro, Khairil Anwar
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pelayanan pembayaran jasa jalan tol yang cepat diharapkan akan memperlancar lalu lintas jalan tol. Karena terbatasnya lahan yang digunakan untuk penyediaan fasilitas pelayanan jasa jalan tol, maka penyediaan fasilitas pelayanan pembayaran jasa jalan tol dengan menggunakan uang pas merupakan pilihan yang selama ini dijalankan, agar pelayanan dapat dilakukan dengan cepat. Permasalahan yang timbul adalah tidak semua pengguna jalan tol menyediakan uang pas. Dari kondisi tersebut, perlu dicari cara sehingga penyediaan fasilitas pelayanan (uang pas dan uang kembali) yang optimum. Salah satu cara untuk medapatkan kondisi optimum jumlah pelayanan adalah dengan menerapkan metode antrian. Dari kondisi sistem antrian pembayaran jasa jalan tol, dipilih penyelesaian optimum dengan cara simulasi. Secara umum penyelesaian metode antrian dengan simulasi untuk menentukan jumlah dan kombinasi fasilitas pelayanan, hal yang harus diperhatikan adalah pola lamanya pengemudi dalam sistem dan rataan lamanya pengemudi dalam sistem. Dengan kata lain tidak selalu rataan lamanya pengemudi dalam sistem yang kecil merupakan pilihan yang terbaik. Dengan asumsi lamanya pelayanan dengan uang pas (dalam detik) mengikuti sebaran N(10,1), lamanya pelayanan dengan uang kembali (dalam detik) mengikuti sebaran N(16,2), banyaknya pengemudi yang menggunakan uang pas 40%, dan rataan antar kedatangan antara 2 detik sampai 9 detik, didapatkan hasil bahwa penyediaan fasilitas pelayanan uang pas dapat dilakukan, jika jumlah fasilitas pelayanan sedikitnya 4 buah. Pada kondisi rataan antar kedatangan 2 detik, penyediaan fasilitas pelayanan uang pas dapat mengurangi jumlah fasilitas pelayanan, dengan mutu pelayanan yang tidak berbeda.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/163891
      Collections
      • UT - Statistics and Data Sciences [2260]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository