ANALISIS USAHA DAGING SAPI DI KEDAI DAGING BUJANG PARIAMAN SUMATERA BARAT
Abstract
SYARHIL FIVELLA HAZEQY. Analisis Usaha Daging Sapi di Kedai Daging
Bujang Pariaman Sumatera Barat. Dibimbing oleh PRIA SEMBADA.
Asupan protein hewani berperan penting dalam menentukan mutu asupan gizi
yang dibutuhkan untuk menjalani hidup yang sehat, aktif, dan produktif dimana
peranan protein hewani hampir tidak bisa tergantikan oleh protein nabati. Tujuan
dari kegiatan analisis usaha ini untuk memahami cara merancang sebuah bisnis
mulai dari penyusunan proses bisnis, pemetaan pasar, dan target konsumen serta
mengevaluasi kelayakan usaha guna merumuskan strategi pengembangan usaha
penjualan daging sapi di Kedai Daging Bujang. Metode analisis yang digunakan
mencakup aspek finansial dan non finansial. Strategi pemasaran produk daging sapi
dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) serta menjalin
kerjasama dengan UMKM. Produk dijual dengan harga berkisar Rp 20.000 – Rp
140.000 per kilogramnya. Total biaya operasional selama 4 bulan sebesar Rp
2.584.871.083. Penerimaan yang diperoleh yaitu sebesar Rp 2.726.476.200 dari
penjualan produk sapi dan hasil ikutannya sebesar 27.949,03 kg. Keuntungan yang
diperoleh dari hasil penjualan daging sapi selama 4 bulan yaitu sebesar Rp
141.605.117 dengan Revenue Cost Ratio (R/C) yaitu 1,055. Berdasarkan hasil R/C
>1 menunjukkan bahwa usaha ini layak untuk dijalankan dan mendapatkan
keuntungan.
Kata Kunci: Analisis Usaha, Daging Sapi, Pemasaran SYARHIL FIVELLA HAZEQY. Analysis of Beef Business at Bujang Pariaman
Meat Shop, West Sumatra. Supervised by PRIA SEMBADA.
Animal protein intake plays an important role in determining the quality of
nutritional intake needed to live a healthy, active, and productive life where the role
of animal protein is almost irreplaceable by vegetable protein. The purpose of this
business analysis activity is to understand how to design a business starting from
the preparation of business processes, mapping markets, and consumer targets and
evaluating business feasibility in order to formulate a strategy for developing a beef
sales business at Kedai Daging Bujang. The analysis methods used include financial
and non-financial aspects. The beef product marketing strategy is word of mouth
promotion and establishing cooperation with MSMEs. Products are sold at prices
ranging from IDR 20,000 - IDR 140,000 per kilogram. The total operational costs
for 4 months amounted to IDR 2,584,871,083. The income obtained was IDR
2,726,476,200 from the sale of beef products and by-products of 27,949.03 kg. The
profit obtained from the sale of beef for 4 months is Rp 141,605,117 with a Revenue
Cost Ratio (R/C) of 1.055. Based on the results of R/C> 1, it shows that this business
is feasible to run and make a profit.
Keywords: Beef, Business Analysis, Marketing
