Karakteristik Brand Ambassador yang Dapat Memengaruhi Minat Beli Konsumen pada Produk Susu UHT
Abstract
Kondisi persaingan yang semakin ketat pada industri minuman susu UHT
membuat para pelaku bisnis di industri tersebut berlomba-lomba untuk menerapkan
berbagai strategi pemasaran yang dinilai tepat dan efektif. Salah satu strategi
pemasaran yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memperluas pasar serta
meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk susu UHT adalah dengan
memanfaatkan peran selebriti sebagai brand ambassador. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh dari setiap karakteristik brand
ambassador terhadap minat beli konsumen pada produk susu UHT. Responden
pada penelitian ini berjumlah 185 orang yang berdomisili di Jabodetabek. Metode
analisis yang digunakan, yaitu analisis deskriptif dan analisis SEM-PLS. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa karakteristik brand ambassador yang memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada produk susu
UHT adalah visibility, attraction, dan power. Penelitian ini merekomendasikan agar
perusahaan-perusahaan yang bergerak pada industri minuman susu UHT dapat
merancang kriteria rekrutmen selebriti brand ambassador dengan
mempertimbangkan ketiga karakteristik tersebut. The increasingly fierce competition in the UHT milk beverage industry has
made business people in the industry compete to implement various marketing
strategies that are considered appropriate and effective. One of the marketing
strategies that companies can do to expand the market and increase consumer
purchase intention in UHT milk products is to utilize the role of celebrities as brand
ambassadors. Therefore, this study aims to analyze the effect of each brand
ambassador characteristic on consumer purchase intention in UHT milk products.
Respondents in this study amounted to 185 people who live in Jabodetabek. The
analytical methods used are descriptive analysis and SEM-PLS analysis. The results
showed that the characteristics of brand ambassadors who have a positive and
significant influence on consumer purchase intention in UHT milk products are
visibility, attraction, and power. This study recommends that companies engaged
in the UHT milk beverage industry can design celebrity brand ambassador
recruitment criteria by considering these three characteristics.
Collections
- UT - Agribusiness [4767]
