Show simple item record

dc.contributor.advisorHastuti, Dwi
dc.contributor.advisorYuliati, Lilik Noor
dc.contributor.authorIndah, Fufut Tri Nur
dc.date.accessioned2024-09-30T08:17:07Z
dc.date.available2024-09-30T08:17:07Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/158921
dc.description.abstractPenurunan karakter anak akan memicu kerusakan hubungan antar individu, memengaruhi pembelajaran di sekolah, peningkatan konflik dan kekerasan. Budaya menjadi salah satu yang memengaruhi pembentukan karakter, terlebih pada komunitas adat yang masih mempertahankan tradisi dan nilai-nilai leluhur. Tujuan penelitian adalah 1) menganalisis perbedaan karakteristik anak, karakteristik keluarga, nilai budaya, lingkungan pengasuhan, metode sosialisasi, serta karakter anak di Desa Adat Jawa dan Kampung Adat Sunda, 2) menganalisis hubungan karakteristik anak, karakteristik keluarga, nilai budaya, lingkungan pengasuhan, metode sosialisasi serta karakter anak, 3) menganalisis pengaruh karakteristik anak, karakteristik keluarga, nilai budaya, lingkungan pengasuhan, metode sosialisasi terhadap karakter anak, 4) menggambarkan pengasuhan tradisional dalam pembentukan karakter anak di Desa Adat Jawa dan Kampung Adat Sunda. Penelitian menggunakan metode campuran dengan cross sectional study. Lokasi penelitian pada Suku Jawa di Desa Adat Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur dan pada Suku Sunda di Kampung Adat Urug, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Teknik pemilihan sampel simple random sampling melibatkan 50 keluarga dari masing-masing area adat. Responden adalah ibu dan anak. Sampel kualitatif 5 responden yakni tetua adat atau tokoh budaya, bidan, kader posyandu, dukun bayi atau paraji, dan kepala sekolah. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji beda, uji korelasi menggunakan Microsoft Excel 2013 dan Statistical Package for Social Science (SPSS) 25.0, analisis pengaruh menggunakan Smart Partial Least Square (Smart-PLS) dan analisis kualitatif dengan NUD*IST dan Vivo (NVivo). Rata-rata usia anak di Desa Adat Jawa 3,86 tahun dan di Kampung Adat Sunda 3,94 tahun. Pendidikan anak di Desa Adat Jawa 0,92 tahun dan di Kampung Adat Sunda 0,02 tahun. Urutan kelahiran anak di Desa Adat Jawa 1,60 dan di Kampung Adat Sunda 2,34. Usia ibu di Desa Adat Jawa 31,38 tahun dan di Kampung Adat Sunda 32,44 tahun. Pendidikan ibu di Desa Adat Jawa 10,34 tahun dan di Kampung Adat Sunda 5,00 tahun. Usia ayah di Desa Adat Jawa 35,90 dan di Kampung Adat Sunda 36,94 tahun. Pendidikan ayah di Desa Adat Jawa 10,02 tahun dan di Kampung Adat Sunda 5,44 tahun. Pendapatan per kapita per bulan di Desa Adat Jawa Rp. 481.309 dan di Kampung Adat Sunda Rp. 277.119. Besar keluarga di Desa Adat Jawa 4,78 dan di Kampung Adat Sunda 4,42. Uji beda menunjukkan perbedaan pendidikan anak, urutan kelahiran, pendidikan ibu, pendidikan ayah, pendapatan per kapita dimana di Desa Adat Jawa lebih baik daripada Kampung Adat Sunda. Rata-rata nilai budaya di kedua wilayah adat pada dimensi horizontal kolektivisme terkategori sedang dan dimensi vertikal individual terkategori rendah. Rata-rata lingkungan pengasuhan di Desa Adat Jawa sedang dan di Kampung Adat Sunda rendah, pada dimensi hukuman di Desa Adat Jawa tinggi dan di Kampung Adat Sunda sedang. Rata-rata metode sosialisasi di kedua wilayah adat rendah. Rata-rata karakter anak di Desa Adat Jawa sedang dan di Kampung Adat Sunda rendah. Uji beda menunjukkan pada dimensi vertikal individual Desa Adat Jawa lebih vertikal individual dibandingkan Kampung Adat Sunda. Lingkungan pengasuhan, metode sosialisasi, dan karakter anak di Desa Adat Jawa lebih baik dibandingkan Kampung Adat Sunda, tetapi Ibu di Desa Adat Jawa lebih tinggi hukuman daripada ibu di Kampung Adat Sunda. Hasil uji hubungan menunjukkan bahwa pendididikan anak, pendidikan ibu, pendidikan ayah, dan pendapatan per kapita berhubungan positif dan signifikan dengan lingkungan pengasuhan. Urutan kelahiran anak berhubungan negatif dan signifikan dengan lingkungan pengasuhan. Urutan kelahiran dan usia ibu berhubungan negatif dan signifikan dengan metode sosialisasi. Pendidikan ibu, pendidikan ayah, nilai budaya horizontal kolektivisme, dan lingkungan pengasuhan berhubungan positif dan signifikan dengan metode sosialisasi. Usia anak, pendidikan anak, pendidikan ibu, pendidikan ayah, pendapatan per kapita, lingkungan pengasuhan, dan metode sosialisasi berhubungan positif dan signifikan dengan karakater anak. Urutan kelahiran berhubungan negatif dengan karakter anak. Hasil uji pengaruh menunjukkan pada Desa Adat Jawa pendidikan anak dan lingkungan pengasuhan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap karakter anak. Pendidikan anak dan pendidikan ibu berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung melalui lingkungan pengasuhan terhadap karakter anak. Pada Kampung Adat Sunda lingkungan pengasuhan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap karakter anak. Urutan kelahiran berpengaruh negatif dan signifikan secara langsung melalui lingkungan pengasuhan terhadap karakter anak. Pendidikan ibu berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung melalui lingkungan pengasuhan terhadap karakter anak. Pada uji total kedua wilayah adat pendidikan anak dan lingkungan pengasuhan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap karakter anak. Pendidikan anak dan pendidikan ibu berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung melalui lingkungan pengasuhan terhadap karakter anak. Hasil temuan kualitatif menyimpulkan bahwa pengasuhan tradisional di Desa Adat Jawa dan Kampung Adat Sunda memiliki kesamaan konsep yakni adanya bahasa, filosofi, pamali, serta spiritual dan mistikisme dalam pembentukan karakter anak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rekomendasi bagi orang tua di kedua wilayah adat agar meningkatkan pengetahuan parenting. Bagi pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan partisipasi sekolah anak usia dini. Bagi masyarakat adat untuk mempertahankan budaya pengasuhan positif.
dc.description.sponsorshipBeasiswa Pendidikan Indonesia Kemendikbudristek
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Nilai Budaya, Lingkungan Pengasuhan, dan Metode Sosialisasi terhadap Karakter Anak di Desa Adat Jawa dan Kampung Adat Sundaid
dc.title.alternativeThe Influence of Cultural Values, Parenting Environment, and Socialization Methods on Children's Character in Javanese Traditional Village and Sundanese Traditional Village
dc.typeTesis
dc.subject.keywordkarakterid
dc.subject.keywordPengasuhanid
dc.subject.keywordmetode sosialisasiid
dc.subject.keywordsuku jawaid
dc.subject.keywordsuku sundaid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record