Pengaruh Kinerja Program Csr Bidang Pertanian Terhadap Citra Perusahaan Dan Kesejahteraan Masyarakat
Date
2024Author
Marihot, Firdaus
Simanjuntak, Megawati
Nurhayati, Popong
Metadata
Show full item recordAbstract
PT ABC merupakan salah satu perusahaan pertambangan di Indonesia yang telah melaksanakan program CSR pada wilayah operasional perusahaan. Sebagai perusahaan tambang, PT ABC perlu memperhatikan citra perusahaan yang dimiliki dan kesejahteraan lingkungan masyarakat sekitar yang terdampak dengan kegiatan usaha perseroan. Salah satu program CSR unggulan dari PT ABC adalah program pertanian sebagai suatu bentuk upaya pencapaian kemandirian pangan dan pencapaian peningkatan atas kualitas kehidupan masyarakat sekitar wilayah operasional PT ABC.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kinerja ekonomi, sosial, dan lingkungan kegiatan CSR terhadap citra perusahaan PT ABC dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan analisis PLS-SEM menggunakan alat analisis SmartPLS. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, dapat disimpulkan jika kinerja ekonomi yang ditunjukkan lewat peningkatan efektivitas, efisiensi, dan fleksibilitas kegiatan ekonomi masyarakat memiliki dampak positif terhadap citra perusahaan PT ABC dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kinerja sosial yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan akses pendidikan dan kesehatan juga terbukti berdampak positif terhadap citra perusahaan PT ABC dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Adapun kinerja lingkungan yang ditunjukkan dengan adanya peningkatkan awareness masyarakat mengenai bagaimana cara mendeteksi dan menghadapi bahaya lingkungan, juga terbukti memiliki pengaruh positif terhadap citra PT ABC dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat dilihat juga mengenai gambaran kinerja program CSR yang dilakukan menggunakan analisis biaya, analisis pendapatan, dan rasio R/C. Hasil analisis R/C yang menunjukkan jika kegiatan CSR yang berupaya usaha tani ini merupakan kegiatan yang menguntungkan bagi PT ABC dan masyarakat sekitar.
Luaran penelitian ini secara praktis memberikan sumbangan saran praktis berbasis keilmuan yaitu implikasi manajerial yang dapat dilakukan oleh pelaksana program CSR (PT ABC). Berdasarkan temuan riset ini, manajemen PT ABC dapat meningkatkan ketiga kinerja CSR melalui pemberian stimulus informasi dan perluasan jangkauan penerima program CSR. Salah satu perluasan jangkauan yang dapat dilakukan oleh manajemen PT ABC dalam pelaksanaan CSR adalah melibatkan Gen Z dalam perumusan kebijakan perluasan program. Implikasi manajerial tersebut kemudian akan semakin meningkatkan ketiga kinerja CSR dan bermanfaat baik bagi peningkatan citra perusahaan dan kesejahteraan masyarakat sebagaimana ditemukan dalam penelitian ini. PT ABC is a mining company in Indonesia that already implementing CSR program in their operational area. As a mining company, PT ABC need to be concern about their company’s image and the welfare of the communities that impacted by their business activites. The superior CSR program from PT ABC is farming program as an effort to help local communities to aim food independence and increasing the life qualities of the local communities. The aim of this research is to analyze and examine the effect of economic performance, social performance, and environment performance on PT ABC company’s image and loacal community’s social welfare.
This research is a quantitative research that used PLS-SEM with software SmartPLS. The result of this research showed that economic performance, social performance, and environment performance affecting PT ABC company’s image and loacal community’s social welfare. The economic performance that shown by increasing the effectivity, efficiency, and flexibility of community’s economic activities are possitively affecting the PT ABC company’s image and loacal community’s social welfare. The social performance that shown by increasing the access on education and health facilities are showed positive influence to PT ABC company’s image and loacal community’s social welfare. The environment performance that shown by increasing the awareness of local community regarding how to detecting and facing the environmental hazard are positively affecting PT ABC company’s image and loacal community’s social welfare. The performance overview also done by using cost analysis, revenue analysis, and R/C ratio. Looking at the R/C ratio, showed that the CSR program that execute by PT ABC is a profitable program that can give positive impact for local community and PT ABC itself.
The output of this research practically contributes practical managerial implications that can be carried out by CSR program implementers (PT ABC). Based on the findings of this research, PT ABC management can improve the three performances of CSR performance by providing information stimulus and expanding the reach of CSR program recipients. One of the outreach expansions that PT ABC management can carry out in implementing CSR is involving Gen Z in formulating program expansion policies. These managerial implications will further improve CSR performance based on the three performances and be beneficial for improving the corporate image and community welfare as found in this research.
Collections
- MT - Business [1569]